Penasaran Apa itu Hari Diwali, Tradisinya dan Kapan Perayaannya? Yuk Cari Tau Disini!

apa itu diwali
Source: pexels.com

Apakah kalian pernah mendengar tentang Hari Diwali atau Hari Deepavali? Cukup familiar atau tidak pernah terdengar sebelumnya? Ayo telusuri beberapa fakta mengenai perayaan ini!

Apa itu Hari Diwali / Deepavali?

Di Indonesia, mungkin Netizanns tidak semuanya familiar dengan Hari Diwali. Namun di negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura, Hari Diwali merupakan salah satu perayaan beragama yang disambut dengan festival meriah setiap tahunnya. Hal ini dikarenakan jumlah penduduk di kedua negara tersebut yang cukup banyak merupakan keturunan India. Jadi apakah Hari Diwali berasal dari India? Apa itu Hari Diwali? 

Diwali atau Deepavali berarti ‘deretan cahaya’, jadi Hari Diwali merupakan festival deretan cahaya yang merupakan perayaan kemenangan akan kebaikan dari pengajaran agama Hindu yang berasal dari India. Hari Diwali dipercaya sebagai kedatangan cahaya yang melawan kegelapan seiring dengan datangnya tahun yang baru. Biasanya festival ini dirayakan oleh berbagai agama di India, tidak hanya untuk pemeluk agama Hindu. Mulai dari umat penganut Jainisme, Sikhisme hingga Buddha pun turut berpartisipasi dalam perayaan Deepavali. 

Hari Diwali berdasarkan oleh beberapa mitologi Hindu juga. Waktu itu dimaknai sebagai perayaan kembalinya Dewa Rama, Dewi Sinta Devi dan Laksmana, saudara laki-laki dari Dewa Rama ke Ayodhya. Peristiwa lainnya adalah pada saat Dewa Krisna melepaskan rakyatnya dari ketakutan dengan membunuh setan Narakasura yang saat itu memerintah Pragjyotishapura. Selain itu ada juga beberapa mitologi lain terkait dengan Dewa Wisnu, Dewi Durga dan Dewi Sri.

Kapan Hari Diwali / Deepavali Dirayakan?

apa itu diwali
Source: Unsplash

Lalu kapan Hari Diwali dirayakan? Setiap tahunnya tanggal tersebut berubah berdasarkan dengan kalender Hindu. Perayaan ini selalu jatuh pada tanggal ke-15 bulan Kartik yang biasanya akan dirayakan pada bulan Oktober atau November. Pada tahun 2023 ini, Hari Diwali jatuh pada tanggal 12 November, 2023. Festival Diwali berlangsung selama lima hari lamanya dengan makna perayaan yang berbeda pada tiap harinya:

Hari Pertama

Orang-orang mulai membersihkan rumahnya dan membeli emas serta peralatan masak untuk membawa keberuntungan.

Hari Kedua

Dekorasi rumah dimulai menggunakan lampu tanah liat dengan motif rangoli menggunakan bubuk atau pasir berwarna. 

Hari Ketiga (Laksmi Puja)

Keluarga berkumpul bersama untuk berdoa kepada Dewi Laksmi, diikuti dengan makan-makan bersama serta festival kembang api.

Hari Keempat

Hari pertama untuk tahun yang baru, dimana kawan-kawan serta keluarga akan saling berkunjung untuk memberi hadiah dan ucapan selamat.

Hari Kelima

Saudara laki-laki akan berkunjung ke rumah saudara perempuan mereka yang telah menikah untuk menikmati ragam masakan yang dibuat dengan penuh cinta.

Perayaan Hari Diwali / Deepavali di Dunia dan di Indonesia

apa itu diwali
Little India Singapore – source: Unsplash

Banyak negara di luar India yang turut merayakan Festival Deepavali. Di antaranya Inggris, Malaysia, Singapura, Sri Lanka, Suriname, Trinidad, Tobago, Pakistan, Fiji dan Guyana yang memang memiliki warga keturunan India. Sebagian besar dari negara-negara ini menjadikan Hari Diwali sebagai hari libur nasional. Di Singapura contohnya, daerah Little India yang memang menjadi pusat perdagangan masyarakat keturunan India di sana setiap tahunnya memeriahkan Festival Deepavali dengan dekorasi lampu di jalanan yang sangat cantik nan meriah. Selain itu, di Singapura biasanya juga ada penampilan tradisional India dan juga bazaar makanan India pada saat masa perayaan ini.

Di Indonesia, Hari Diwali dirayakan di beberapa kota dengan jumlah warga negara keturunan India yang cukup signifikan seperti di Medan, Makassar, Bali dan bahkan Semarang. Suasana Deepavali memang lebih ramai di kuil masing-masing di Indonesia, dan masih kurang ramai untuk di area publik, tidak seperti negara tetangga kita, Malaysia dan Singapura. 

Para warga negara Indonesia keturunan India telah mengusulkan untuk menetapkan Hari Diwali sebagai hari libur nasional, namun hingga kini belum ada pemutusan mengenai hal tersebut. Semoga ke depannya keberagaman ini bisa kian dirayakan bersama teman-teman di Indonesia keturunan India untuk menghargai dan mempelajari ragam budaya di Indonesia, ya!

Sajian Manis untuk Perayaan Deepavali di Indonesia

Kamu ingin mempersiapkan hidangan pencuci mulut yang dapat memeriahkan suasana Hari Diwali? Ann’s Bakehouse & Creamery ingin menjadi bagian dari momen spesialmu bersama keluarga dan teman-teman dengan menyajikan sajian manis penuh makna yang tidak terlupakan.

Langsung hubungi team customer service kami, kunjungi website kami, atau kunjungi toko offline Ann’s Bakehouse & Creamery untuk dapat menikmati cake premium dengan resep spesial yang tiada duanya. 

Referensi: Diwali: Festival of Lights (https://kids.nationalgeographic.com/pages/article/diwali)

Baca juga: Kelezatan Tradisional: Ragam Kue Khas Perayaan Diwali di Indonesia

Bella Mazaya

Bella is an Indonesian who consider herself as a world-citizen, based in London, United Kingdom, currently serve as a Head of Digital Marketing for Ann's Bakehouse & Creamery and a digital marketing professional for a multinational company. Bella loves traveling and trying world cuisine in her spare time, as well as creating creative marketing strategy, visual design works and plays music.

Post navigation

Leave feedback about this

  • Quality
  • Price
  • Service

PROS

+
Add Field

CONS

+
Add Field
Choose Image

Kelezatan Tradisional: Ragam 10 Kue Khas Diwali yang Ada Juga di Indonesia

Promo Kue Spesial Diwali 2023: Rayakan dengan Kelezatan Istimewa