Kenali 6 Jenis Gula dan Kegunaannya, Yuk!

Gula adalah bahan tambahan yang sangat penting di dalam dunia kuliner khususnya pada pembuatan dessert atau kue. Nah jenis gula berikut ini kalian harus tahu!

Jenis Gula yang Harus Kalian Tahu

Manfaat gula

Seperti yang teman kesayanganns tahu, gula adalah bahan penting untuk memaniskan kue-kue kecil atau minuman. Selain memaniskan kue dan minuman, gula juga bisa membantu proses peragian adonan dan mengawetkan makanan. Bagi kamu yang jago masak pasti juga tahu bahwa tambahan sedikit gula saja bisa jauh menyedapkan masakan!

Jenis gula

Gula sebenarnya terkandung di dalam buah-buahan maupun bahan pangan seperti beras, kentang, jagung, ubi, dan singkong. Kandungan gula inilah yang selama ini membantu kamu memiliki energi kuat setiap hari. Tapi, terkadang rasanya tidak cukup deh kalau hanya menyantap manis alami buah atau umbi-umbian. Kita juga butuh penambah rasa manis untuk makanan yang diolah. Maka dari itu, terciptalah berbagai jenis gula sesuai dengan kegunaannya seperti di bawah ini.

Gula Pasir

Gula pasir atau granulated sugar merupakan jenis gula yang dihasilkan dari sari tebu murni. Gula ini berbentuk kristal, berwarna putih, dan berkilau. Jenis gula pasir paling sering digunakan sebagai pemanis tambahan minuman seperti teh, jus, maupun sirup. Tidak hanya itu, hampir banyak resep kue menggunakan gula pasir sebagai bahan utamanya. Misalnya, kue German Black Forest, Apple Pie, dan red velvet. Kue ini bisa kamu pesan di Ann’s Bakehouse and Creamery.

Gula Halus

Gula halus juga berasal dari gula pasir, lho! Jenis gula ini juga dikenal juga sebagai icing sugar. Bedanya dengan gula pasir, gula ini digiling lagi hingga halus seperti tepung. Karena terlalu halus, gula ini lebih cocok digunakan untuk dekorasi kue, frosting cream, atau campuran permen. Kalau kamu mau buat gula halus sendiri, bisa menggilingnya dengan alat grinder kopi.

Brown Sugar

Si manis berwarna coklat ini juga berasal dari tebu. Berbeda dengan gula pasir ataupun gula aren, brown sugar diberikan tambahan sirup tetes tebu (biasa disebut molasses syrup) sehingga memiliki warna yang kecoklatan, sedikit asam, dan harum seperti karamel. Karena warnanya yang coklat muda, seringkali digunakan untuk membantu pewarnaan dalam adonan. Makanya nih, brown sugar paling pas kalau ditambahkan dalam adonan kue kering yang berwarna kecoklatan. Kalau sedang ingin mencoba gimana rasanya brown sugar, kamu bisa coba soft baked cookies di bakehouse seperti Ann’s Bakehouse and Creamery!

Gula Merah

Gula berwarna cokelat ini terbuat dari sari kelapa. Rasanya tidak hanya manis, tapi kamu juga akan mendapatkan rasa gurih jika menggunakan gula merah. Gula merah bisa dibuat cair seperti saus untuk isian kue, minuman, atau penyedap rasa. Karena itu, jenis gula merah sangat umum digunakan dalam masakan khas Indonesia dan kue-kue jajanan pasar. Contoh kue dengan tambahan gula merah antara lain seperti klepon, kue putu, dan kue lupis. Selain di Indonesia, kamu juga bisa mendapatkan gula merah di Negara-negara Asia Tenggara juga, lho!

Gula Aren

Sama seperti gula merah, gula aren memiliki tekstur yang sama namun cenderung lebih lembut. Gula aren dibuat dari saripati pohon aren dan dimasak hingga berwarna coklat dan mengeras. Rasanya lebih kuat dan gurih dibanding gula merah biasa. Untuk masakkan dan makanan manis tradisional direkomendasikan menggunakan gula aren dibandingkan gula merah biasa.

Gula Jagung

Kalau kamu ingin mengganti gula tebu, gula jagung bisa menjadi andalanmu untuk membuat hidangan yang manis. Di Amerika serikat, gula jagung umum digunakan dalam minuman ringan yang disebut dengan corn syrup. Kamu pun bisa menambahkan gula jagung ke dalam minuman atau makananmu. Rasanya juga tidak kalah manis kok dengan gula tebu!

Nah, itu dia beberapa jenis gula serta kegunaannya yang perlu kamu tahu. Kamu bisa sesuaikan penggunaan gula dengan resepnya. Biar hasil kuenya juga sempurna, jangan sampai salah pakai gula, ya!

Tapi kalau kamu lagi tidak pengen bikin kue sendiri, bisa loh nyobain kue dengan berbagai jenis hidangan dengan rasa gula yang berbeda di Ann’s Bakehouse and Creamery. Kamu bisa langsung memesannya melalui website annsbakehouse.comWhatsApp Customer Service, atau langsung datang ke toko offline Ann’s Bakehouse & Creamery. Jangan lupa juga untuk follow akun instagram @annsbakehouse untuk informasi terupdate seputar kue dan penawaran menariknya, ya!

Editor: Patricia Christina

Post navigation

Leave feedback about this

  • Quality
  • Price
  • Service

PROS

+
Add Field

CONS

+
Add Field
Choose Image