Mengenal Aneka Roti dan Kue Viennoiseries! Si Manis dari Austria

Nikmati kue Viennoiseries! Kue mentega nikmat dan legit asal Austria. Dijamin sekali gigit akan nambah lagi dan lagi!

Kue Viennoiseries, kue mentega yang nikmat dan legit

Selama ini mungkin teman kesayangAnns menganggap berbagai kue dan roti lezat berasal dari Perancis. Sebenarnya bukannya salah juga sih, karena memang banyak kue-kue sejak jaman dahulu kala yang awalnya berkembang dari Perancis.

Tapi dibalik resep-resep kuno tersebut, ada banyak sekali kue-kue favorit kalian yang datangnya dari negeri lain. Croissant misalnya, meskipun banyak dikenal merupakan bagian dari sejarah negara Perancis, tapi ternyata Croissant itu termasuk dari bagian dari kue-kue Viennoiseries lho. Lalu sebenarnya Viennoiseries ini berasal dari mana sih?

Hari ini kita akan ngobrolin sedikit tentang sejarah dari kue Viennoiseries, kita mulai yuk!

Apa itu kue Viennoiserie

Jadi, teman kesayangAnns, Viennoiseries adalah kue mentega yang berasal dari kerajaan Austria. Tepatnya berkembang di kota Wina, di negara Austria, yang berada di benua Eropa.

Arti dari Viennoiserie sendiri adalah “sesuatu dari Viena”. Kemudian resep-resep dari kue mentega ini, dibawa ke negara Perancis oleh August Zang, seorang anggota militer Austria yang membuka toko kue dan roti pada pertengahan abad ke-19. August Zang memodifikasi resep asli Viennoiserie yaitu dengan bahan dasar puff pastry yang sama dengan roti-roti perancis lainnya. Hanya saja, teknik pengolahannya menggunakan teknik memasak dari kota Wina, tempat dari mana ia berasal.

Proses pembuatan kue Viennoiserie

Lebih jelasnya, Viennoiseries dibuat dengan adonan dasar yang mirip dengan adonan roti pada umumnya seperti tepung, telur, gula, dan seringkali ditambahkan krim untuk membuat adonan menjadi lebih kaya. Kue mentega ini dibuat dengan teknik memasak yang tidak biasa.

Agar tiap lapisan memiliki tekstur yang pas, sang pembuat Viennoiseries ini harus memiliki kemampuan dan usaha yang lebih. Karena teknik pembuatannya yang tidak biasa ini, kue Viennoiseries memiliki ciri khas tersendiri yaitu tersusun dari banyak lapisan adonan pastry yang tipis, lembut, mengembang dan gurih seperti CroissantBrioche, atau Pain au Chocolat (yang sebenarnya berarti roti coklat). Kebanyakan, kue Viennoiseries sangat pas sebagai menu sarapan.

Sejarah berkembangnya kue Viennoiserie

Selain mempengaruhi roti dan kue di Perancis, resep dari kue mentega Viennoiseries ini juga dibawa ke negara Denmark. Kala itu, orang-orang Denmark dikenal menyukai makanan manis seperti kue dan roti. Karena cocok dengan cita rasa masyarakat Denmark, akhirnya resep kue-kue Viennoiseries juga ikut diadaptasi dan kemudian berkembang menjadi apa yang sekarang kita kenal dengan Danish Pastries.

Selain itu, salah satu kue mentega yang khas, yaitu Croissant juga diadaptasi menjadi makanan khas Argentina lengkap dengan tambahan-tambahan khas Argentina yang kini disebut dengan medialunas.

Kini kue Viennoiseries tidak hanya ditemukan di negara tertentu saja, bahkan bisa kamu temukan di seluruh dunia! Dan kamu tidak perlu jauh-jauh untuk bisa menemukan jejak Viennoiseries yang dulunya hanya ada di Austria. Kamu bisa menemukan kue mentega yang satu ini mulai dari toko kue hingga supermarket terdekat.

Seperti dulu kita juga pernah ngobrolin tentang kue Sacher Torte, yang merupakan kue yang berasal dari Austria, sekarang roti dan kue-kue yang asalnya dari Austria bisa kamu santap dengan teman terdekat dan juga keluarga tercinta!

Bahkan kamu juga bisa memesannya di Ann’s Bakehouse and Creamery! Kamu bisa dapatkan roti dan kue Viennoiseries mulai dari Croissant hingga Brioche di sini. Penasaran kan?

Yuk, kamu bisa langsung memesannya melalui website annsbakehouse.comWhatsApp Customer Service, atau langsung datang ke toko offline Ann’s Bakehouse & Creamery. Jangan lupa juga untuk follow akun instagram @annsbakehouse untuk informasi terupdate seputar kue dan penawaran menariknya, ya!

Semua Viennoiserie yang ada di toko kami akan diantar ke rumahmu. Yuk, cus dipesan, ya!

Post navigation

Leave feedback about this

  • Quality
  • Price
  • Service

PROS

+
Add Field

CONS

+
Add Field
Choose Image