Tricks to Treat

4 Hidangan Dari Roti Baguette Ini Bikin Eksplorasi Kuliner Tambah Seru!

Apa sih roti baguette itu? Pasti kalian sering dengar namun bingung itu roti sejenis apa. Nah agar tidak bingung, yuk simak artikel berikut!

Jenis Hidangan dari Roti Baguette

Apa itu roti baguette?

Roti baguette adalah roti khas Perancis yang bertekstur keras dan berbentuk panjang. Di Perancis, baguette ini menjadi makanan pokok sehari-hari warga lokal, lho. Umumnya, orang Perancis hanya makan baguette tanpa tambahan apapun. Paling-paling, baguette hanya ditambahkan mentega, keju, dan selai saja.

Teman-teman kesayanganns, semua waktu adalah waktu paling pas untuk menyantap baguette, karena roti lezat ini bisa dimakan kapan saja! Namun seringkali baguette disajikan waktu sarapan dengan ditemani segelas kopi, coklat hangat, maupun teh manis.

Jenis roti baguette

Seiring berjalannya waktu, semakin beragam hidangan yang bisa kamu buat dengan bahan dasar roti baguette. Tidak hanya negara Perancis saja yang memiliki menu dari roti baguette, ada juga lho negara lainnya yang memiliki menu baguette. Variasi dari menu baguette ini dijamin tidak bikin kamu bosan untuk menyantap roti baguette. Yuk, simak 4 ide resep yang mudah dibikin untuk menyantap baguette!

Banh Mi

Kalau Perancis punya baguette, tetangga kita di Asia, Vietnam juga punya! Nama roti baguette khas Vietnam ini adalah Banh Mi. Roti ini memiliki tekstur yang sama dengan roti baguette, juga biasanya disajikan di warung pinggir jalan saat pagi hari waktu sarapan. Untuk menyantap Banh Mi, kamu tidak perlu kok jauh-jauh pergi ke sana. Teman kesayanganns bisa membuat sendiri di rumah!

Cukup sediakan 2 potong roti baguette, kemudian rebus 100 gram irisan wortel dan lobak sebentar saja. Lalu angkat rebusan tadi ke dalam air es yang telah diberi air jeruk nipis dan cuka beras. Rendam selama 15 menit. Selama isian banh mi sedang direndam, buatlah sausnya dengan campuran air perasan jeruk nipis, kecap asin, kecap ikan, minyak wijen, minyak kanola, 1/3 cangkir gula, dan 1/3 cangkir air. Setelah itu, Jangan lupa untuk menyaring irisan wortel dan lobaknya, ya.

Kalau semua bahan-bahan sudah siap, masukkan irisan sayuran tadi ke dalam baguette dan siram dengan sausnya. Taburkan irisan daun ketumbar segar di atasnya. Banh Mi siap Dinikmati!

Pain Perdu

Pain Perdu (dibaca “pang per-dju”) adalah roti panggang yang diolah dengan potongan baguette. Resepnya juga sangat mudah buat dibikin sendiri di rumah, kok. Belah baguette menjadi dua. Siapkan mangkuk untuk mengocok campuran 120 ml susu, 1/2 sdt garam, 1/2 irisan jeruk , 1 sendok teh vanili, dan 3 butir telur. Setelah itu rendam irisan baguette ke dalam kocokan telurnya selama 6 menit.

Selama merendam baguette, mirip seperti banh mi kita akan membuat sausnya dulu. Panaskan 30 ml sirup, 2 sendok teh mentega, dan irisan kulit jeruk sampai hangat ke dalam wajan dengan api kecil.

Selesai membuat saus, ambil baguette yang tadi dan panggang di atas pan dengan 2 sendok makan mentega. Balik baguette di atas pan setiap beberapa waktu selama 2-3 menit hingga warnanya berubah kecoklatan dan matang merata. Setelah matang, sajikan baguette di atas piring dan siram dengan saus dan taburan irisan kulit jeruk tadi. Coba deh, pasti enak!

Haitian Bread Soup

Haiti merupakan salah satu negara jajahan Perancis di masa lalu. Karena itu, makanan khas Haiti mendapatkan banyak sekali pengaruh dari budaya Perancis. Haitian Bread Soup, misalnya. Sup khas Haiti ini biasa dihidangkan dengan baguette yang masih renyah. Cara membuat Haitian Bread Soup pun cukup mudah.

Kamu tinggal tumis 100 gram gelas bawang bombay, 1 siung bawang putih, dan 100 gram daun bawang dengan 1 sendok makan minyak zaitun. Kemudian masukkan 200 gram tomat segar yang dipotong berbentuk dadu. Setelah tercampur rata, tambahkan 1 sendok makan pasta tomat, 2 biji cengkeh, 1/4 sendok teh lada hitam, 1 sendok teh garam, dan 1/2 sendok teh mentega.

Setelah itu, kamu tinggal mencampur semuanya menjadi satu dan sup khas Haiti ini siap dihidangkan. Biar tambah enak, celupkan potongan baguette-nya ke dalam sup. Wah, yummy!

Sandwich Baguette

Sandwich adalah menu paling simple yang bisa kamu buat di rumah. Mula-mula, buatlah telur ceplok, lalu tambahkan garam dan lada di atasnya. Setelah itu, belah 1 potong baguette menjadi 2. Masukkan telur, selada, dan tomat ke dalam irisan baguette tadi. Dan hanya dengan itu, sandwich baguette bisa kamu nikmati. Kamu juga bisa menambahkan bacon, beef salami, atau sosis di dalam sandwich-nya sesuai selera.

Itu dia 4 ide resep yang bisa kamu coba di rumah.

Kalau kamu belum punya stok baguette di rumah, kamu bisa langsung memesannya melalui website annsbakehouse.comWhatsApp Customer Service, atau langsung datang ke toko offline Ann’s Bakehouse & Creamery. Jangan lupa juga untuk follow akun instagram @annsbakehouse untuk informasi terupdate seputar kue dan penawaran menariknya, ya! Ditunggu kedatangannya, ya!

Leave feedback about this

  • Quality
  • Price
  • Service

PROS

+
Add Field

CONS

+
Add Field
Choose Image
Choose Video
Chat Now
Halo, terima kasih telah berkunjung ke website Ann's Bakehouse & Creamery. Ada yang bisa kami bantu untuk pemesanan?