Memperingati Hari Kanker Anak Sedunia 2024: Yayasan Onkologi Anak Indonesia x Ann’s Bakehouse & Creamery

hari kanker anak sedunia

Ann’s Friends, tahukah kalian bahwa setiap tanggal 15 Februari diperingati sebagai hari kanker anak sedunia? Dan pada bulan Februari yang lalu, Ann’s Bakehouse & Creamery berkesempatan untuk merayakannya bersama dengan Yayasan Onkologi Anak Indonesia (YOAI). Sebuah acara yang tak hanya menghangatkan hati, tetapi juga memperkuat semangat perjuangan bagi para penderita kanker anak dan keluarganya.

Latar Belakang & Tujuan Kegiatan

hari kanker anak sedunia

Tahun ini, Yayasan Onkologi Anak Indonesia (YOAI) kembali menggelar acara istimewa dalam rangka memperingati Hari Kanker Anak sedunia yang jatuh di setiap tanggal 15 Februari. Acara ini diadakan dengan tema “Family Fun Time.” Mengikuti agenda global Hari Kanker Anak Internasional, kegiatan ini bukan sekadar perayaan, tetapi juga panggilan untuk menyuarakan tantangan penanganan kanker anak di Indonesia.

Sebelumnya, Childhood Cancer International (CCI) dan International Society of Pediatric Oncology telah meluncurkan Kampanye Global Tiga Tahun. Tema kampanye tersebut adalah Unveiling Challenges, Inspiring Action, dan Demonstrating Impact, yang bertujuan untuk mengatasi tantangan kanker anak secara berkesinambungan hingga tahun 2026. YOAI turut berkontribusi dalam kampanye ini dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan. 

Kegiatan yang dilakukan di event tahun 2024 ini adalah Write It Out Loud!, DIY Cake decorating, dan Funwalk Campaign. Kegiatan-kegiatan tersebut bertujuan untuk mengajak para pejuang kanker anak, survivors, keluarga, pendamping, dan tenaga kesehatan untuk menuangkan tantangan yang mereka hadapi dalam bentuk tulisan atau gambar secara bebas.

Kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kanker anak, tetapi juga untuk mengidentifikasi tantangan dan kesenjangan dalam pengobatan kanker anak di Indonesia yang dialami oleh pejuang kanker terutama di negara berkembang dan negara berpenghasilan rendah. Melalui kampanye global dan kegiatan lokal seperti ini, diharapkan kesenjangan tersebut dapat diatasi.

Dukungan Ann’s Bakehouse & Creamery

hari kanker anak sedunia

Ann’s Bakehouse & Creamery ikut berpartisipasi dalam semangat memerangi kanker anak melalui kegiatan yang diadakan oleh YOAI. Salah satu kegiatan yang kami lakukan adalah DIY Cake Decorating—dengan produk DIY Cake kami—yang bertujuan untuk menghibur para pasien kanker anak dan keluarganya.

Dalam lomba menghias kue ini, pasien dan keluarga mereka berpartisipasi aktif dengan penuh semangat. Mereka berkreasi dengan menggunakan berbagai dekorasi yang disediakan, menciptakan karya-karya indah yang penuh warna. Kue-kue tersebut menjadi sarana ekspresi bagi para peserta untuk menyampaikan harapan dan kekuatan mereka dalam menghadapi tantangan kanker.

hari kanker anak sedunia

Setelah lomba selesai, kue-kue dengan hiasan terbaik dipilih untuk mendapatkan hadiah. Namun, setiap peserta tidak pulang dengan tangan hampa. Mereka semua dapat membawa pulang kue hasil karya mereka masing-masing sebagai kenang-kenangan dari acara yang menyenangkan dan berarti tersebut.

Ann’s Bakehouse & Creamery merasa bersyukur dan terhormat dapat menjadi bagian dari event ini, dan membantu para pasien kanker anak dan keluarganya untuk bersenang-senang serta mengalami momen yang berharga bersama. Dukungan kami tidak hanya memberikan keceriaan, tetapi juga memberikan dorongan moral yang sangat dibutuhkan bagi mereka yang sedang menjalani perjuangan yang berat. Melalui kegiatan ini, Ann’s turut memberikan sumbangsih dalam menciptakan lingkungan yang mendukung dan penuh kasih bagi para penderita kanker anak dan keluarganya.

#UNVEILINGCHALLENGES : YOUR SUPPORT, OUR HOPE

Dalam menghadapi kanker pada anak, tidak hanya para pejuang kanker anak, tapi survivors, keluarga, pendamping, dan tenaga kesehatan juga mengalami tantangan. Tantangan penanganan kanker anak di Indonesia menjadi semakin nyata dengan perbedaan tingkat kesembuhan yang signifikan antara negara berpenghasilan tinggi dan rendah. Faktor-faktor seperti kurangnya pemahaman tentang kanker, terapi yang tidak siap, kurangnya dokter spesialis, dan dukungan sistem yang kurang menjadi hal yang perlu diperhatikan dalam upaya meningkatkan kesempatan kesembuhan bagi anak-anak yang terkena kanker. 

Diperlukan kolaborasi yang kuat antara pemerintah, masyarakat, dan pihak terkait untuk mengatasi tantangan ini demi meningkatkan kesempatan hidup anak-anak yang terkena kanker di Indonesia. Melalui kegiatan seperti yang diadakan oleh YOAI dan dukungan dari berbagai pihak, diharapkan dapat muncul gagasan dan solusi yang tepat untuk mengatasi tantangan ini. Semoga dengan kerjasama dan kesadaran yang terus meningkat, kita dapat memberikan harapan baru bagi anak-anak yang berjuang melawan kanker ya Ann’s Friends!

Patricia Christina

Patricia Christina adalah seorang SEO Specialist yang juga merupakan seorang penikmat kuliner, khususnya dessert.

Post navigation

Leave feedback about this

  • Quality
  • Price
  • Service

PROS

+
Add Field

CONS

+
Add Field
Choose Image