10 Ide Kue Cemilan untuk Afternoon Tea

Afternoon tea adalah tradisi minum teh sore hari yang populer di Inggris. Tradisi ini biasanya dilakukan sekitar pukul 15.00 dan melibatkan hidangan teh, kue-kue kecil, dan sandwich. Afternoon tea tidak hanya sekedar minum teh, tetapi juga menjadi momen untuk bersantai, bersosialisasi, dan menikmati hidangan lezat.

Afternoon tea bukan hanya sekadar menikmati secangkir teh hangat. Ini adalah sebuah ritual yang menggabungkan kelezatan teh, kelembutan kue, dan suasana yang santai. Tradisi ini berasal dari Inggris pada abad ke-19 dan hingga kini masih populer di seluruh dunia.

Afternoon tea merupakan kegiatan yang istimewa karena adanya suasana, tata laksana dan etiket yang spesifik dalam menjalankannya. Suasana yang cocok untuk afternoon tea adalah suasana yang tenang dan nyaman, biasanya dilakukan di ruang tamu atau taman, sambil bercengkrama dan bersantai dengan teman atau keluarga. 

Tata laksana penyajian sebuah afternoon tea juga memperhatikan detail. Pilihan teko, cangkir, hingga tata letak kue di atas piring pun diperhatikan. Detail lain yang diperhatikan dalam sebuah afternoon tea adalah etiketnya, seperti cara memegang cangkir dan cara memakan kue yang disajikan.

Kombinasi Teh dan Kue yang Lezat

Kombinasi teh dan kue yang akan disajikan pada sebuah afternoon tea, penting untuk diperhatikan. Kecocokan rasa teh dan cemilan akan membuat pengalaman afternoon tea yang lebih berkesan dan juga memberikan kombinasi rasa yang harmoni. Kombinasi rasa teh dan kue yang sempurna juga bisa membangun suasana yang berbeda-beda seperti santai, elegan, atau meriah.

Berikut beberapa kombinasi teh dan kue yang sempurna untuk disajikan pada afternoon tea:

Earl Grey dan Scones

Earl Grey merupakan rasa teh yang memiliki rasa bergamot yang sedikit asam. Kue scones dengan selai menjadi kombinasi rasa yang sempurna karena rasa yang juga asam-manis. 

Darjeeling dan Kue Buah

Rasa buah-buahan dan musky pada teh Darjeeling akan sangat cocok dipadukan dengan kue yang memiliki rasa buah juga seperti kue blueberry, raspberry, dan lainnya.

Assam dan Kue Asin

Assam merupakan teh hitam dengan rasa yang kuat dan sedikit malty. Rasa teh ini akan sangat cocok apabila dipadukan dengan hidangan yang asin atau gurih.

Chamomile dan Kue Kering dan Madu

Chamomile adalah  teh herbal dengan rasa bunga yang menenangkan. Rasa bunga chamomile akan sangat cocok dipadukan dengan kue-kue yang manis dan lembut seperti kue kering vanila dan kue dengan rasa madu.

Rooibos dan Kue Cokelat

Teh Rooibos yang tidak berkafein dan memiliki rasa yang manis akan sangat cocok dengan rasa cokelat atau kue kacang yang kaya.

Kue Ann’s untuk Afternoon Tea yang sempurna

Berikut beberapa ide kue cemilan untuk afternoon tea dari Ann’s Bakehouse & Creamery:

Key Lime Pie

rasa kue ulang tahun

Key Lime Pie merupakan kreasi Ann’s yang memiliki rasa yang segar. Terbuat dari crust Ann’s yang sempurna, whipped cream dan lime custard yang memberikan rasa asam-manis yang lezat, menjadi pilihan kue Ann’s yang sempurna untuk dipadukan dengan teh Earl Grey.

Tres Leches Red Berry

kue tres leches red berry

Alternatif kue dengan rasa buah yang sempurna untuk dinikmati dengan teh Darjeeling. Dengan rasa selai buah berry, Tres Leches Red Berry bisa membuat afternoon tea kamu menjadi lebih istimewa.

Quiche Lorraine Truffle

Sweet or savory

Rasa gurih dan lezat dari Quiche Lorraine Truffle bisa menjadi teman afternoon tea yang lezat dengan teh Assam. Rasa truffle yang kaya dipadukan dengan rasa malty teh Assam akan menjadi kombinasi rasa yang tidak terlupakan. 

Honey Cake

kue madu tahan lama

Honey Cake Ann’s Bakehouse & Creamery yang penuh cita rasa karamel susu yang lembut dan rasa madu yang kaya akan menjadi kombinasi yang sempurna dengan rasa teh Chamomile yang menenangkan.

Mocca Nougat

kue madu tahan lama

Kue spons moka yang lembut berpadu dengan mocha mousse yang pekat, ditambah kerenyahan nougat dalam satu gigitan yang nikmat. Rasa manis teh Rooibos akan menjadi semakin nikmat dengan kombinasi rasa yang ada pada kue Mocca Nougat.

Setiap gigitan kue di Ann’s Bakehouse & Creamery dipasangkan dengan teh pilihan yang sempurna, menciptakan harmoni rasa yang akan memanjakan lidah Kamu. Dari perpaduan manis dan lembut hingga kombinasi berani yang penuh kejutan, kami menjamin setiap pengalaman afternoon tea Anda akan tak terlupakan.

Jangan lewatkan kesempatan untuk merasakan kombinasi rasa yang sempurna kreasi Ann’s dengan rasa teh favoritmu! Kunjungi toko offline kami terdekat dari daerahmu atau pesan secara online sekarang juga!

Read More: Mengenal English Tea Time: Ritual Minum Teh di Sore Hari

Sabrina Putribening Indrarto

Sabrina Indrarto (Sasha) is a Social media & community manager with a knack for content writing and a severe tiramisu addiction

Post navigation

Leave feedback about this

  • Quality
  • Price
  • Service

PROS

+
Add Field

CONS

+
Add Field
Choose Image

Kenalan Lebih Dekat Dengan 5 Jenis Teh Populer di Inggris untuk Menemani Tea Time-mu!

6 Tips Acara Kumpul Keluarga Lebih Seru dengan Coffee Break Spesial

Nikmati Catering Coffee Break Jakarta Berkualitas Bersama Ann’s Bakehouse & Creamery!

3 Hal yang Perlu di Ketahui Tentang Budaya Afternoon Tea ala Bangsawan Inggris