5 Hal yang Identik dengan Ramadan untuk Menyemarakkan Hari Rayamu

Hal yang identik dengan ramadan
Source: SHUTTERSTOCK/ Tiwuk Suwantini

Bulan Ramadan, bulan yang penuh berkah dan ampunan, hadir membawa kedamaian dan keceriaan bagi umat Islam di seluruh dunia. Di Indonesia, Ramadan tak hanya identik dengan ibadah puasa, tetapi juga berbagai tradisi dan kemeriahan yang menambah kekhusyukan dan kehangatan di bulan suci ini. Mari kita bahas hal yang identik dengan ramadan di Indonesia.

Mudik dan Silaturahmi

Mudik menjadi tradisi yang telah menjadi bagian tak terpisahkan dari Ramadan. Momen ini menjadi kesempatan emas untuk kembali ke kampung halaman dan berkumpul dengan keluarga tercinta. Silaturahmimenjadi tujuan utama mudik, dimana umat islam saling bersilaturahmi, mempererat tali persaudaraan, dan bermaaf-maafan. Tradisi ini tidak hanya memperkuat hubungan dengan keluarga namun juga menjadi kesempatan untuk membangkitkan rasa cinta dan kasih dalam menghabiskan quality time dengan orang-orang terkasih.

Takjil dan Makanan Khas Lebaran

Hal yang identik dengan ramadan

Menjelang waktu berbuka puasa, kegiatan berburu takjil menjadi bagian besar dari bulan Ramadan. Berbagai macam jajanan dan kue menjadi pilihan untuk hidangan berbuka puasa dengan orang tercinta. Selain makanan, banyak minuman yang khas pada masa bulan puasa seperti kolak, es cendol, dan es buah.

Pada momen Lebaran, hidangan spesial seperti ketupat, opor ayam, rendang, dan juga kue kering menjadi santapan wajib yang dinanti-nanti. Setiap daerah memiliki resep dan ciri khas hidangannya sendiri, menciptakan keragaman kuliner yang indah dan kaya akan rasa untuk menambah kehangatan berbagi di bulan Ramadan.

Pakaian Khas Lebaran

Baju koko, gamis, dan mukena baru menjadi simbol kemeriahan Lebaran. Pakaian baru juga menjadi simbol ‘Fitri’ atau kesucian, sebuah  awal yang baru. Warna-warna putih atau  cerah denganmotif yang indah menjadi ciri khas pakaian Lebaran yang menghadirkan suasana ceria dan penuh sukacita dalam hari kemenangan.

Tradisi Bermaaf-maafan

Momen Lebaran menjadi waktu yang tepat untuk saling bermaaf-maafan Tradisi ini melambangkan rasa saling memaafkan dan memulai kembali hubungan dengan hati yang bersih. Saling bermaaf-maafan menjadi momen yang mengharukan dan mempererat tali persaudaraan antar umat Islam. Dengan saling memaafkan, hati menjadi lebih tenang dan damai, siap untuk menyambut lembaran baru penuh kebaikan.

Warna Hijau

Warna hijau yang menjadi simbol hari raya Lebaran identik dengan Islam, dan menandakan kesuburan dan kedamaian. Warna ini sering digunakan dalam dekorasi masjid, pakaian, dan berbagai pernak-pernik Lebaran. Penggunaan warna hijau pada bulan Ramadan melambangkan suasana religius dan spiritual yang penuh ketenangan. Warna hijau memberikan efek menenangkan pada jiwa dan membangkitkan rasa khusyuk dalam beribadah.

Tradisi dan kemeriahan Ramadan di Indonesia merupakan bagian dari budaya dan identitas umat Islam. Berbagai hal yang identik dengan ramadan tersebut menjadi daya tarik tersendiri yang membuat bulan suci begitu istimewa dan dinanti-nanti, terutama di Indonesia.

Ann’s Bakehouse & Creamery telah mengkreasikan berbagai macam kue untuk menambahkan sentuhan istimewa pada perayaan hari raya kamu dan keluargamu. Mulai dari pilihan hampers kue kering Ann’s yang cantik, hingga catering kami yang menyediakan pilihan kue takjil tradisional maupun modern dalam Ann’s Coffee Break untuk acara buka bersama kamu, Ann’s berkomitmen untuk menambahkan kelezatan lebih pada setiap bagian dari perayaan bulan suci kamu.

Rayakan momen indah Ramadan dengan pilihan Finest Mubarak Creations dari Ann’s Bakehouse & Creamery. Pesan kreasi kami melalui offline store kami atau cek pilihan menu kami online di website kami.

Editor: Patricia

Sabrina Putribening Indrarto

Sabrina Indrarto (Sasha) is a Social media & community manager with a knack for content writing and a severe tiramisu addiction

Post navigation

Leave feedback about this

  • Quality
  • Price
  • Service

PROS

+
Add Field

CONS

+
Add Field
Choose Image

5 Camilan Buka Puasa yang Lezat Untuk Menemani Kalian!

5 Kegiatan untuk Merayakan Lebaran Bersama Keluarga Agar Seru & Berkesan

Packaging Kue Kering Yang Menarik, Kolaborasi Ann’s Bakehouse & Creamery dengan Lekat

Kue Basah Yang Cocok untuk Buka Puasa dengan Orang-orang Terkasih