Kenalan dengan Manfaat Madu: Si Manis Serbaguna Yang Bikin Sehat!

Madu merupakan sebuah bahan yang sangat familiar di pasaran. Namun apa saja sih manfaat madu itu? Yuk simak artikel berikut!

manfaat madu
Honey Cake Annā€™s Bakehouse & Creamery

NetizAnns pasti sudah tidak asing lagi sama yang namanya madu. Si sirup manis yang kental dan berwarna kuning keemasan ini pasti paling tidak pernah kamu lihat di toko atau supermarket di dekat rumahmu. Namun ada beberapa fakta dan manfaat madu untuk kesehatan. Apa saja itu?

Fakta Madu

Jadi sebenarnya NetizAnns, rasa manis yang muncul dari madu berasal dari fruktosa, yang merupakan komponen yang biasanya ditemukan di dalam gula yang terkandung di dalam buah-buahan, dan juga glukosa yang merupakan rasa manis yang didapat dari sumber karbohidrat.

Kalau kalian pernah makan gula yang biasanya ada di toko atau supermarket, biasanya gula-gula paasir yang dijual di pasaran ini berasal dari sukrosa.yang merupakan kandungan utama pada gula tebu. Jadi, rasa manis yang berasal dari madu dan gula itu sangat berbeda!

Asal Madu

Madu sendiri berasal dari sari bunga yang dikumpulkan oleh lebah atau serangga lainnya. Sari-sari bunga ini kemudian dikumpulkan ke dalam sarang madu yang memiliki lubang-lubang kecil berbentuk segi enam.

Yang lebih menarik lagi, sarang madu liar biasanya bertengger di atas pohon atau langit-langit genteng rumah. Sedangkan untuk madu yang dibudidayakan, lebah akan diarahkan untuk membuat sarang di tempat yang telah disiapkan oleh peternak madu. Nantinya dari tempat yang sudah disiapkan ini akan lebih mudah untuk dipanen para peternak.

Sejarah Madu

Kemudian netizanns, proses pengumpulan madu ini telah dilakukan sejak zaman kuno, lho. Pernah ditemukan sebuah lukisan yang diperkirakan telah berumur 8000 tahun di dalam Goa di Valencia, Spanyol.

Di dalam lukisan ini terlihat 2 orang pengumpul madu dan sarang madu dari lebah liar. Sosok ini terlihat membawa keranjang dengan menaiki tangga dari tali untuk mencapai sarang lebah. Hal ini juga tercatat pada sejarah yang ditemukan oleh seorang arkeolog di Georgia (negara Georgia berada di perbatasan antara Asia dan Eropa).

Arkeolog ini menemukan madu kuno yang tersisa di dalam guci dari tanah liat. Guci ini ditemukan terkubur di dalam makam kuno yang berumur sekitar 5.000 tahun di Georgia. Kenapa bisa awet sekali? Karena menurut penelitian, mikroorganisme tidak mampu berkembang di dalam madu. Maka dari itu, madu tidak akan rusak meski disimpan selama ratusan tahun. Bahkan kalau didiamkan pada tempat terbuka, semut tidak akan mendatangi madu.

Manfaat Madu dan Kandungannya

Manfaat madu ini juga telah dikenal oleh masyarakat luas dan memiliki kandungan mineral yang sangat lengkap yaitu karbohidrat, serat, riboflavin, niacin, pantothenic acid, Vitamin B6, asam folat, vitamin C, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, potasium, zinc, dan sodium. Apa manfaat madu? Kandungan niacin, vitamin C dan riboflavin mampu membantu regenerasi kulit. Apalagi kalau kulitmu sedang meradang karena eczema, madu bisa membantu memulihkan kulitmu menjadi lebih sehat!

Manfaat madu yang lain yaitu kandungan antioksidan dan anti peradangan yang juga berguna untuk mempercepat penyembuhan. Ketika kamu mengalami luka bakar atau luka gores, kamu cukup mengoleskan madu pada area yang luka. Lalu, manfaat madu yang lainnya adalah untuk menurunkan demam.

Jadi NetizAnns, mengonsumsi madu setiap hari merupakan ide yang sangat bagus di situasi pandemi seperti sekarang ini. Jangan heran ya, kalau madu menjadi salah satu obat tertua dari zaman ke zaman. Sebanyak itu loh fungsi dan manfaat madu untuk kehidupan!

Tips Mengkonsumsi Madu

Manfaat madu yang lainnya yaitu sangat lezat untuk dikonsumsi. Madu bisa dicampurkan ke dalam minuman atau makanan. Di banyak negara, madu digunakan untuk mengoleskan ayam, daging, dan ikan yang dipanggang. Olesan madu dengan campuran bumbu lainnya akan menghasilkan perpaduan citarasa asin, gurih, dan manis. Madu juga bisa ditambahkan ke dalam minuman seperti segelas teh hangat dengan irisan lemon.

Selain itu, ada salah satu kue dari Annā€™s Bakehouse and Creamery yang dibuat dengan madu, yaituĀ Honey Cake. Kue ini dibuat menggunakan madu dan bahan lainnya yang berkualitas, sehingga menciptakan kelezatan kue yang rasanya tidak akan terlupa. Ada jugaĀ Super Nemesis, kue ini merupakan perpaduan antara dark chocolate dengan madu. Dua kue ini cocok deh buat kamu yang sedang mengurangi konsumsi gula.

Nah, jika kamu tertarik dengan kue-kue yang mengandung madu dari kami, kamu bisa langsung memesannya melalui website, WhatsApp Customer Service, atau langsung datang keĀ toko offline Annā€™s Bakehouse & Creamery.Ā Jangan lupa juga untuk follow akun instagramĀ @annsbakehouseĀ untuk informasi terupdate seputar kue dan penawaran menariknya, ya!

Editor: Patricia Christina

Post navigation

Leave feedback about this

  • Quality
  • Price
  • Service

PROS

+
Add Field

CONS

+
Add Field
Choose Image