Kue Tres Leches, Kue Susu Lezat Ini Berasal Dari Mana, Ya? Yuk Cari Tau Di Sini

Tres Leches merupakan kue susu yang sangat banyak peminatnya. Namun kalian sudah tahu belum asal dari kue susu yang lezat ini? Yuk simak artikel berikut ini!

Tres Leches, kue Susu Ann's Bakehouse
Tres Leches, kue Susu Ann’s Bakehouse & Creamery

NetizAnns suka kue-kue dengan aroma susu yang menggoda? Nah Tres Leches bisa jadi santapanmu berikutnya. Tapi coba deh tebak, kira-kira kue susu ini berasal dari mana? Kalau dari namanya yang satu ini terdengar seperti kue susu dari Eropa, ya?

Asal Kue Susu Tres Leches

Kalian pasti tidak menyangka bahwa kue Tres Leches ini merupakan kue susu khas Meksiko, lho. Kue Tres Leches juga memiliki nama lain yaitu pastel Tres Leches yang berarti kue dengan 3 susu. Tres Leches merupakan kue susu bertekstur seperti spons dengan rasa yang kaya akan susu. Penamaan ini memang berkaitan dengan bahan utama yang digunakan dalam pembuatan kue ini yaitu campuran susu segar, heavy cream, dan krim kental manis.

Sejarah Kue Tres Leches

Berdasarkan beberapa data sejarah, kue susu ini mulai diperkenalkan pada awal abad ke-19 oleh seorang chef kenamaan di Meksiko, Patricia Quintana. Kue ini memiliki ciri khas tersendiri dibanding kue lainnya. Yang membuat Tres Leches beda dengan kue lainnya adalah, teknik perendaman kue di dalam susu. Teknik ini juga ditemukan pada beberapa kue-kue khas Eropa seperti Tiramisu, Rum Cake, dan Trifle.

Namun ada sejarah yang juga menyebutkan bahwa resep Tres Leches ini diperbarui oleh Nestle setelah meluncurkan produk susu kaleng pada tahun 1800-an. Kebetulan saat itu, susu kaleng sangat digemari oleh orang-orang yang berada di dalam kamp militer karena memiliki umur kadaluarsa yang cukup lama dibandingkan dengan susu segar.

Mengingat perang yang meluas di seluruh dunia, Nestle agak kesulitan untuk memasarkan produknya ke Eropa dan Asia. Nestle pun memiliki ide untuk mencantumkan resep Tres Leches di balik kemasan susu kaleng untuk meningkatkan penjualan mereka. Ternyata cara ini berhasil menyebarkan resep Tres Leches ke seluruh Amerika Latin dan menjadi kue yang cukup populer hingga kini.

Mengenai sejarah di atas, masih menjadi perdebatan apakah kue ini benar-benar berasal dari Meksiko atau bukan. Karena negara Nikaragua juga ikut mengklaim bahwa Tres Leches adalah kue khas dari negaranya. Namun dari sekian pendapat yang muncul, sebagian besar mengakui bahwa Tres Leches memang berasal dari Meksiko, tepatnya di kota Oaxaca dan Sinaloa.

Selain di Meksiko, kue Tres Leches juga sangat populer di negara-negara Amerika Latin. Bahkan kue ini juga diadaptasi menjadi salah satu kue pilihan di Turki dengan sebutan trileçe.

Tips Menikmati Kue Tres Leches

Kapan sih waktu yang pas untuk menikmati sepotong Tres Leches? Di Meksiko sendiri, kue Tres Leches dihidangkan untuk berbagai acara dan pesta penting seperti ulang tahun, pernikahan, dan banyak perayaan lainnya. Kue ini dianggap dapat merepresentasikan hari-hari penting. Namun kamu bisa menyantapnya kapanpun dan dimanapun yang kamu mau kok.

Saran dari kami adalah untuk kamu menyantapnya ketika sedang mengalami dua hal: yang pertama adalah ketika kamu sedang merayakan acara-acara spesial, agar kamu juga bisa merasakan bagaimana seharusnya kue Tres Leches ini disantap (yaitu ala Meksiko). Yang kedua adalah ketika kamu sedang santai setelah bekerja keras seharian! Kue ini akan sangat cocok untuk melepas penat dan mengubah mood-mu menjadi lebih senang!

Kamu bisa mencoba Tres Leches lezat ini di Ann’s Bakehouse and Creamery loh. Untuk mendapatkan kue Tres Leches yang kaya akan aroma dan rasa susu yang mewah ini, kalian bisa langsung memesan kue ini melalui website annsbakehouse.comWhatsApp Customer Service, atau bisa langsung datang ke toko offline Ann’s Bakehouse & Creamery. Jangan lupa juga untuk follow akun instagram @annsbakehouse untuk informasi terupdate seputar kue dan penawaran menariknya, ya!

Baca Juga: Kreasi Tres Leches Ala Ann’s Bakehouse & Creamery

Editor: Patricia Christina

Post navigation

Leave feedback about this

  • Quality
  • Price
  • Service

PROS

+
Add Field

CONS

+
Add Field
Choose Image