Mindfulness Lifestyle: Menjaga Pola Hidup dengan Lebih Bebas

Mindful lifestyle untuk menjaga kesehatan ini sedang trend di masyarakat lho! Lantas apa sih fungsinya jika kita menerapkan gaya hidup ini? Check this out!...

Mindful lifestyle atau mindfulness saat ini sedang trend di masyarakat! Lantas apa sih fungsinya untuk kesehatan jika menerapkan gaya hidup ini? Check this out!

Mindfulness - Mindful lifestyle
Mindfulness – Mindful lifestyle

Praktik Mindfulness

Mindful lifestyle atau mindfulness adalah kebiasaan hidup di mana kita menerapkan fokus terhadap momen yang tengah berlangsung, mengambil waktu sejenak untuk mengapresiasi hal tersebut dari segala aspek, dengan sengaja, dan secara netral. Meskipun mungkin terdengar sebagai sesuatu yang ‘lambat’ di antara kehidupan modern yang kini serba ‘cepat’, gaya hidup mindfulness justru dapat menjadi pengingat untuk merawat dan menjaga diri kita sendiri, jiwa maupun raga. Praktik mindfulness ini menjadi gaya hidup yang mulai diterapkan oleh semakin banyak orang.


Menurut situs National Center for Biotechnology Information yang merupakan bagian dari situs resmi National Institutes of Health USA, praktik mindfulness dalam gaya hidup ini telah membantu cukup banyak orang untuk hidup lebih fokus — sadar akan segala sesuatu yang mereka lakukan. Melalui kebiasaan tersebut, mereka jadi mampu mengelola rasa sakit yang kronis, depresi, masalah tidur, kecemasan (anxiety), serta beragam penyakit lainnya. Bermanfaat banget!

Mindful Eating

Mindful eating- Ann's Super Key Lime
Ann’s Super Key Lime

Metode ini juga berlaku untuk hal apapun lho, termasuk saat kita makan—atau yang kini biasa dikenal dengan mindful eating. Bahkan, cara ini dinilai telah memenuhi semua kriteria yang dibutuhkan untuk mengubah pendekatan keseluruhan seseorang terhadap proses makan. Tak seperti diet yang hanya terasa efektif sesaat, perubahan perilaku dalam mindful eating adalah sebuah konsistensi yang menjadi bagian dari keseharian kita.

Mindful eating adalah sebuah kebiasaan dimana kita hadir secara penuh dalam momen makan tersebut, lebih memperhatikan makanan yang kita makan, dengan sengaja, momen demi momen, menikmatinya tanpa penilaian berlebihan. Pendekatan ini berfokus pada kesadaran kita terhadap asupan yang kita konsumsi dan pengalaman terhadap asupan itu sendiri. Artinya, sangat tidak disarankan untuk makan sambil melakukan hal lain, termasuk bermain gadget hingga tak sadar apa saja yang sudah kita kunyah dan telan, ya! Yuk simak tips mindful eating lebih lengkap.

Uniknya, metode mindful eating ini bukanlah sebuah diet untuk menurunkan berat badan, jadi tak berhubungan sama sekali dengan kalori, karbohidrat, lemak, atau protein. Mindfulness adalah perilaku yang berfokus pada proses, bukan hasil akhir. Masing-masing orang fokus pada menghargai pengalaman menikmati makanan dan tidak terlalu ketat dengan jumlah asupan. Jadi, semua orang bebas untuk memilih apa yang ingin mereka makan dan seberapa banyak jumlahnya.

Meskipun tak bertujuan untuk mengurangi massa tubuh, namun sebagian besar dari mereka yang menjalankan kebiasaan mindful eating memang mengalami penurunan berat badan loh! Hal ini terjadi karena orang-orang tersebut jadi lebih fokus dalam menikmati makanan tersebut daripada seberapa besar porsinya, serta lebih konsisten untuk memilih makanan sesuai dengan manfaat kesehatan yang mereka inginkan. Seperti diantaranya adalah pilihan makanan yang bebas dari gluten, dibuat tidak menggunakan telur dan susu, atau mungkin makanan yang cocok dengan diet keto yang sedang kamu coba jalani.

Saat ini, sudah tak terlalu sulit untuk mencari makanan yang dapat memenuhi kebutuhan akan mindfulness tersebut, seperti diantaranya ada Ann’s Super Creations untuk pilihan desserts dan rotimu. Kreasi super dari Ann’s Bakehouse & Creamery ini memiliki rangkaian produk dengan pilihan gluten-free, egg-free, dairy-free, keto-friendly, hingga vegan-friendly! Semua bisa kamu pilih sesuai preferensimu atau kebutuhan orang-orang tersayang.

Namun, bukan berarti kamu hanya bisa menikmati kue atau makanan lain yang memiliki manfaat tertentu, dalam gaya hidup ini kita juga bisa menikmati makanan lain dengan bebas sesuai kebutuhan, situasi, dan kondisi tubuh kita. Jadi lebih bebas, namun tetap bijak dalam memilih dan mengatur semua yang kita makan.

Bagaimana, gaya hidup mindfulness dan metode mindful eating jadi terdengar semakin menyenangkan, bukan? Serunya, dalam proses ini, masing-masing orang akan merasakan pengalaman yang berbeda pada setiap waktu makan, lho. Saat lebih fokus terhadap makanan, biasanya kita justru akan menemukan beragam hal menarik dari makanan itu sendiri. Jadi tak sabar deh menunggu waktu makan berikutnya!
Sementara menanti, yuk siapkan untuk desserts-nya nanti. Pesan Ann’s Super Creations sekarang melalui website. Selain itu, kamu juga bisa banget langsung mengunjungi offline store kami untuk lihat langsung kreasi menggiurkan lainnya. Kami siap menunggumu sambil juga mulai menerapkan kebiasaan mindful. Sampai berjumpa! #YukKeToko!

Editor: Patricia Christina

Post navigation

Leave feedback about this

  • Quality
  • Price
  • Service

PROS

+
Add Field

CONS

+
Add Field
Choose Image