Beberapa Ciri Alergi Gluten di Tubuh Kalian, Yuk Simak Informasi Berikut Ini!

Temukan beberapa ciri alergi gluten di tubuh kalian melalui informasi ini. Simak juga beberapa alternatif camilan berupa kue yang bebas gluten.

Ciri Alergi Gluten

Pernahkah kalian mendengar mengenai alergi terhadap gluten? Alergi ini semakin banyak terjadi belakangan ini, dan mungkin saja kalian atau orang terdekat kalian sedang mengalaminya. Dalam artikel ini, kami akan mengajak kalian untuk menyimak informasi untuk mengetahui ciri-ciri umum yang muncul ketika alergi ini menyerang tubuh seseorang. Jangan lewatkan juga informasi tentang makanan yang bebas gluten, salah satunya adalah kue. Alternatif makanan ini sangat cocok untuk mereka yang memiliki alergi gluten.

Beberapa Ciri Alergi Gluten

Seseorang yang memiliki alergi terhadap gluten, akan memiliki tanda-tanda yang muncul di area tubuh. Sehingga penting untuk diketahui ciri-ciri apabila alergi sedang kambuh. Lantas, apa saja ciri-cirinya? Berikut ulasan yang akan menjelaskan beberapa ciri alergi gluten! 

1. Gangguan Saluran Pencernaan

Disaat alergi gluten sedang menyerang seseorang, beberapa dari mereka akan merasakan gangguan pada saluran pencernaan mereka. Gejala seperti diare, mual, dan muntah adalah tanda yang sering muncul. Beberapa dari mereka juga sampai mengalami penurunan berat badan karena sulitnya tubuh dalam menyerap nutrisi dengan baik.

2. Muntah dan Diare

Kebanyakan, muntah dan diare muncul secara bersamaan dikarenakan adanya peradangan di saluran pencernaan. Tidak terkecuali pada penderita alergi gluten, seringkali penderita gluten mengalami muntah yang disertai dengan diare. Hal ini dikarenakan reaksi tubuh yang secara berlebihan merespon masuknya bahan gluten tersebut sehingga mengakibatkan peradangan pada pencernaan. Diare yang berkepanjangan dapat berakibat penurunan berat badan, dehidrasi, dan ketidakseimbangan elektrolit.

3. Masalah Kesehatan Mental

Mengutip dari OkeHealth, ternyata terdapat keterkaitan antara alergi gluten dengan kesehatan otak dan mental seseorang seperti Neuropati perifer, Epilepsi, Gluten ataxia, Skizofrenia, dan Demensia. Untuk seseorang dengan hobi kuliner dan sering menikmati berbagai macam makanan, hal ini pasti sangatlah membuat tidak nyaman dikarenakan seseorang tersebut harus menjaga pola makannya agar gejala alergi gluten tidak kambuh. Hal ini juga akan berpengaruh kepada kualitas hidup dan kesejahteraan mental mereka.

4. Kondisi Badan Menurun

Ciri berikutnya yang seringkali muncul kepada seseorang yang alergi gluten adalah kondisi badan yang menurun. Penderita alergi gluten seringkali merasa lelah, lemas, dan kehilangan energi setelah mereka mengkonsumsi makanan yang mengandung gluten. Gejala ini bisa muncul dikarenakan sistem kekebalan tubuh seseorang yang alergi gluten, dapat bereaksi secara berlebihan ketika gluten masuk ke dalam tubuh sehingga membuat peradangan dalam sistem pencernaan yang mengakibatkan terganggunya fungsi penyerapan nutrisi pada tubuh.

5. Bengkak di Tubuh

Pada beberapa kasus, alergi gluten dapat mengakibatkan bengkak di beberapa bagian tubuh. Bengkak ini bisa muncul di tangan, kaki, wajah, atau bagian tubuh lainnya. Hal ini dapat terjadi karena adanya peradangan oleh reaksi alergi gluten yang berlebihan dari tubuh. Jangan khawatir, bengkak ini seringkali bersifat sementara dan akan mereda dengan sendirinya, hindari makanan yang mengandung gluten untuk mempercepat meredanya bengkak tersebut.

6. Gangguan Kulit (Ruam)

Alergi terhadap bahan gluten, juga dapat mempengaruhi kondisi kulit seseorang. Ruam kulit adalah salah satu ciri apabila alergi terhadap gluten sedang menyerang seseorang. Dikutip dari sebuah artikel dari Alodokter, ruam ini biasa disebut dengan Dermatitis Herpetiformis, dimana sering terkait dengan penyakit Celiac. Ruam ini biasa muncul dengan bentuk seperti melepuh dengan rasa yang gatal dan tidak nyaman pada kulit. Jika kalian mengalami ruam semacam ini setelah mengonsumsi makanan dengan bahan gluten, segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk penanganan lebih lanjut.

7. Gatal di Kulit

Selain ruam pada kulit, gatal juga dapat terjadi akibat alergi gluten. Rasa gatal yang terasa tidak nyaman ini, bisa terjadi di area kulit mana saja. Gatal yang berlangsung biasanya bersifat sementara, namun apabila rasa gatal tidak kunjung reda, maka sangatlah dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Gluten-Free Food

Untuk menghindari gejala-gejala akibat alergi gluten yang membuat tidak nyaman kepada tubuh, satu-satunya makanan yang aman adalah makanan yang terbuat dari bahan yang bebas dari gluten. Sekarang ini banyak olahan makanan dengan bahan yang bebas gluten seperti mie, roti, hingga kue. 

Saat ini banyak kue yang terbuat dari bahan-bahan yang tidak mengandung gluten. Meskipun bebas dari gluten, kue yang diolah dengan bahan-bahan tertentu ini tetap lezat dan dapat dinikmati oleh semua orang, termasuk mereka yang tidak memiliki alergi gluten. Salah satu contoh kue yang tidak mengandung bahan gluten adalah kue dari Ann’s Bakehouse & Creamery yaitu Super Nemesis. Tidak ada yang menyangka bahwa kue cokelat yang nikmat satu ini terbuat dari bahan yang bebas gluten karena rasa yang dihasilkan tetap lezat dan dapat dikonsumsi oleh siapa saja. Kalian bisa membeli Super Nemesis dan kue gluten free lainnya di website atau toko offline Ann’s ya!

Jadi, jaga pola makan dan kesehatan tubuh kalian dengan mengetahui bermacam ciri alergi gluten. Dengan mengenali ciri-ciri alergi gluten, kalian dapat mengambil langkah yang diperlukan untuk mengurangi konsumsi gluten. Hal ini juga bermanfaat untuk semua orang agar dapat lebih memilih makanan yang sehat dan menjaga pola hidup yang seimbang. Kalian juga tidak perlu khawatir lagi untuk ngemil sepuasnya karena kue yang bebas gluten sekarang ini hadir sebagai alternatif yang aman dan tentunya lezat untuk dinikmati oleh semua orang.

Baca Juga: 6 Kue untuk Diet: Nikmati Kelezatan Tanpa Melanggar Dietmu

Putra Perdana Al Nugraha

Putra Perdana adalah seorang profesional di bidang SEO yang saat ini bekerja sebagai SEO Specialist di Ann's Bakehouse & Creamery. Ia lahir dan dibesarkan di suatu kota yang indah di Indonesia. Sejak kecil, Putra telah menunjukkan minat dan bakat dalam bidang teknologi dan komputer sehingga setelah menyelesaikan aktivitas kuliahnya, Putra memutuskan untuk fokus pada bidang digital khususnya bidang pengoptimasian mesin pencari (SEO). Ia memiliki pengetahuan mendalam tentang algoritma dan strategi yang diperlukan untuk meningkatkan peringkat situs web di hasil pencarian Google. Dengan keahliannya yang unggul dalam menganalisis kata kunci, mengoptimalkan konten, dan membangun backlink yang baik, Putra telah membantu Ann's Bakehouse & Creamery dalam meningkatkan visibilitas dalam mesin pencari Google dan meningkatkan traffic organic yang lebih tinggi ke situs web perusahaan. Ia bekerja erat dengan tim pemasaran digital dan pengembang web untuk mengidentifikasi peluang, mengoptimalkan konten, dan mengelola kampanye backlink yang efektif.

Post navigation

Leave feedback about this

  • Quality
  • Price
  • Service

PROS

+
Add Field

CONS

+
Add Field
Choose Image