7 Tips Memulai Petualangan Mindful Eating

Meskipun bukan diet, mindful eating kerap terhubung dengan penurunan berat badan. Kok bisa? Yuk simak pembahasan mindful eating dalam artikel berikut!

Meskipun bukan diet, mindful eating kerap terhubung dengan penurunan berat badan. Kok bisa? Yuk simak pembahasan mindful eating dalam artikel berikut!

Gaya hidup mindful eating yang sedang trend

Mindful eating adalah bagian dari gaya hidup mindful, di mana kita melatih diri untuk “hadir”—fokus pada setiap hal yang kita kerjakan, termasuk di antaranya adalah saat makan. Melalui mindful eating, kita diajak untuk lebih menghargai setiap makanan yang tersaji di hadapan kita, memperhatikan setiap asupan dan manfaat di dalamnya, serta menikmati makanan dan momen makan tersebut dengan beragam panca indera.

Meskipun bukan dietmindful eating kerap terhubung dengan penurunan berat badan. Hal tersebut merupakan efek dari perilaku memperhatikan setiap asupan makanan yang kita konsumsi, memikirkan asal mula hingga pengaruh yang diberikan makanan tersebut terhadap diri kita. Investasi waktu menghargai makananan dengan lebih lama pun berpengaruh terhadap pola makan dan porsi makanan yang kita konsumsi, sehingga sebagian besar orang yang menjalankan mindful eating memang merasakan penurunan berat badan dan perbaikan pola makan.

Tertarik untuk mulai memperbaiki gaya hidup mulai dari pola makan? Berikut adalah 7 tips memulai petualangan mindful eating untuk para pemula:

1. Buatlah daftar belanja dengan bahan segar

Tips mindful eating yang pertama, pertimbangkan manfaat kesehatan dari masing-masing bahan yang akan kamu gunakan. Isilah daftar belanja dengan hal yang kamu suka dan yang bermanfaat untuk tubuh maupun mood kamu, atur jumlahnya sesuai kebutuhan.Pilih bahan segar seperti sayur dan buah-buahan; serta hindari makanan olahan dan makanan siap saji. Pastikan untuk tidak membeli hal lain di luar daftar tersebut agar terhindar dari impulse buying, ya!

2. Makanlah saat selera mulai muncul, sesuai dengan jadwal waktu makan

Melewatkan waktu makan dapat membuat kita jadi lupa diri dan makan berlebihan untuk menghilangkan rasa lapar tersebut. Hal tersebut berlawanan dengan esensi mindful eating di mana tujuan utamanya adalah mengapresiasi dan menikmati makanan tersebut.

3. Mulailah setiap makanan dengan porsi kecil.

Nikmati setiap suapannya, sedikit demi sedikit. Gunakan piring dan peralatan makan yang tak terlalu besar untuk bantu menjaga porsi makanan tersebut. Lebih mudah bagi kita untuk merasakan tiap sensasi rasa di dalamnya saat mulut tak penuh dengan makanan.

4. Hargai setiap suapannya.

Letakkan peralatan makan dan berhentilah setiap beberapa saat untuk mengingatkan diri tentang bagaimana makanan tersebut bisa sampai di hadapan kita. Ungkapkan rasa terima kasih dalam hati untuk semua yang telah berjasa di baliknya dan atas kesempatan untuk menikmati makanan tersebut.

5. Gunakan panca inderamu di setiap prosesnya.

Perhatikanlah warna, tekstur, aroma, hingga suara berbeda yang muncul di setiap momen persiapan hingga penyajiannya—mulai dari memilih bahan, memasak, menyajikan, hingga saat menikmatinya. Temukan beragam rasa dari paduan bahan masakan dan bumbu dalam setiap gigitanya. Kayu manis, sereh, lada hitam, ada apa lagi, ya?

6. Kunyah dengan baik dan menyeluruh.

Sesuai saran populer saat makan, kunyahlah makanan hingga kamu bisa merasakan semua rasa yang tersembunyi dalam setiap suapan makanan tersebut. Nikmati setiap rasa baru yang muncul di tiap kunyahanmu.

7. Makanlah perlahan.

Meskipun kamu sedang berada di luar atau makan bersama orang lain yang membutuhkan perhatianmu, sisihkan waktu sekitar 5 menit untuk menjalankan mindful eating terlebih dahulu sebelum mulai melakukan hal lain ketika makan.

Mindful eating adalah salah satu titik mula yang bisa kamu coba untuk membiasakan diri menjalankan mindful lifestyle. Serunya, kamu bisa menikmati makanan apapun yang kamu suka, namun dengan pilihan bahan makanan dan porsi yang lebih bijak.

Misalnya, jika kamu ingin menikmati desserts, kamu bisa memilih Super Key Lime, kue gluten-free yang terbuat dari paduan yogurt dan madu; Super Carrot dengan tepung almon, cocok untuk kamu yang sedang menjalankan diet keto; atau Super Banana, kue vegan-friendly yang dibuat dari pisang, cokelat hitam, tepung sorgum, dan gula aren.

Selain ketiga kue tersebut, tersedia juga beragam produk mindful yang bisa kamu temukan dalam Ann’s Super Creations. Semua bisa kamu pesan dengan mudah melalui website ataupun chat WhatsApp.

Namun, untuk kamu yang ingin melihat langsung semua kreasi lezat kami, tersedia juga di offline store kami lho! Yuk, siap-siap dan segera berangkat. Kami tunggu kedatanganmu, ya. Sampai jumpa!

#YukKeToko!

Sumber: health.harvard.edu

Baca Juga: Mindful Lifestyle: Menjaga Pola Hidup dengan Lebih Bebas

Post navigation

Leave feedback about this

  • Quality
  • Price
  • Service

PROS

+
Add Field

CONS

+
Add Field
Choose Image

Ini Dia Tips Memotong Kue yang Estetik, Dijamin Semua Kebagian!

7 Tips Memilih Toko Kue Terbaik Untuk Kebutuhan Spesialmu

5 Tips Merekatkan Persahabatan Antar Rekan dari Acara Kebersamaanns Vol. 2!

5 Alasan Kue adalah Makanan Yang Identik Dengan Berbagai Macam Acara & Pilihan Sempurna untuk Momen Spesial