9 Inspirasi Dekorasi Imlek di Rumah untuk Merayakan Kebahagiaan

dekorasi imlek di rumah
Source: Unsplash (Eirc Shi)

Tahun baru Imlek merupakan waktu di mana rumah-rumah mendapatkan sentuhan dekorasi khusus dengan warna merah terang dan desain tradisional. Dekorasi tahun baru Imlek, yang kaya akan simbolisme dan tradisi, membawa kegembiraan dan keberuntungan ke dalam tahun baru. Setiap dekorasi memiliki arti khusus, menciptakan suasana penuh semangat positif. Mari kita jelajahi dekorasi imlek di rumah yang sederhana untuk menghiasi beberapa ruangan di rumahmu dan menyambut tahun baru dengan sentuhan tradisi dan kebahagiaan.

Ide Dekorasi Imlek di Rumah yang Sederhana

Bagi banyak orang, dekorasi rumah untuk merayakan Imlek bisa menjadi tantangan, terutama bagi kalian yang merasa kurang kreatif. Akan tetapi ada beberapa cara agar kalian dapat menghias ataupun membuat dekorasi imlek di rumah, seperti membelinya langsung di toko ataupun dengan membuat sendiri. Membuat dekorasi sendiri memberikan sentuhan personal pada rumah kalian dan memungkinkanmu untuk merayakan dengan gaya kalian sendiri. Mulai dari mengubah amplop merah menjadi karya seni keren, hingga membuat lantern berwarna-warni, kreasi sederhana ini membawa kemeriahan langsung ke rumahmu. Mari kita bahas ide-ide sederhana namun efektif untuk membawa kegembiraan Imlek ke dalam rumah kalian.

Bantal Sofa Warna Merah

Tambahkan sentuhan merah yang memberi keberuntungan dengan menambahkan bantal dan selimut dekoratif di sofa untuk menambah suasana tahun baru yang penuh semangat.

Lampu Hias (Lanterns)

Gantung lampu hias lantern yang berwarna merah untuk sentuhan kemeriahan dan suasana yang hangat di ruang keluarga kalian. Lantern ini bisa kalian beli ataupun buat sendiri. Jika kalian memilih untuk membuatnya sendiri agar dapat dijadikan lebih personal, kalian bisa membuatnya dengan menggunakan kertas berwarna biasa atau karton berwarna merah dan emas. Gantung lantern di seluruh rumah untuk sentuhan yang meriah.

Pajangan Karakter 福 (fu)

Tampilkan karya seni karakter “福” yang memiliki arti “keberuntungan” atau “keberuntungan” . Pajangan ini dapat berupa gantungan, hiasan dinding, maupun banner yang dapat dipasang di beberapa tempat untuk memeriahkan suasana. Kreasikan banner dengan karakter “福” dengan menggunakan kertas merah atau kain. Gantung di atas pintu atau dinding untuk menambah keberuntungan di rumah kalian.

Kalian juga dapat membuat hiasan unik yang terbuat dari amplop! Kumpulkan amplop merah dan susun secara kreatif di papan poster atau kanvas untuk membuat karya seni yang bisa kamu pajang di dinding rumahmu.

Taplak Meja atau Alas Makan Warna Merah

kue khas imlek

Hiasi ruang makan kalian dengan taplak meja atau alas makan berwarna merah untuk sentuhan yang meriah saat makan bersama keluarga. Selain itu warna merah dipercaya dapat membangkitkan selera dan merangsang nafsu makan.

Selain dari taplak meja dan alas makan, tentu saja kalian juga harus menghias meja makan kalian dengan makanan dan dessert lezat! Pilihlah berbagai variasi makanan dan hidangan penutup seperti kue ataupun puding untuk dinikmati bersama dengan keluarga besar. 

Pajangan Utama Berupa Pohon Kecil di Meja

dekorasi imlek di rumah
Source: Unsplash (Easton Mok

Hiasi meja makan kalian dengan menggunakan pohon kumquat kecil yang dihias dengan pita merah. Keberadaan pohon kumquat di dalam rumah bukan hanya sekadar dekorasi, tetapi juga melambangkan harapan akan kekayaan dan keberuntungan. 

Selain itu, kalian juga dapat menciptakan “Pohon Keberuntungan” dengan menempelkan amplop merah atau dekorasi lainnya pada tanaman dalam pot. Dengan sentuhan sederhana ini, kalian tidak hanya menambahkan keindahan visual ke dalam ruangan, tetapi juga membawa simbolisme yang dalam bagi keberuntungan dan kesuksesan di masa mendatang.

Sebagai tambahan, kalian juga dapat menghias meja dengan toples. Isi toples transparan dengan permen merah dan emas, koin, atau dekorasi kecil dan beri label dengan harapan keberuntungan dan kemakmuran.

Peralatan Makan Khusus Tahun Baru Imlek

Gunakan peralatan makan khusus yang menampilkan motif tradisional Tahun Baru Imlek.

Peralatan Tidur dengan Karakter “福” / Warna Merah

Padukan peralatan tidur dengan karakter “福” untuk sentuhan halus namun bermakna di kamar tidur kalian selama musim perayaan ini. Bisa berupa sarung bantal, seprai, ataupun hiasan gantung di pintu. Bisa juga dengan meletakkan selimut sutra warna merah di ujung tempat tidur untuk tambahan mewah dan meriah dalam dekorasi kamar tidur kalian.

Sentuhan Bunga Persik

Letakkan cabang bunga persik buatan di dalam vas di meja samping tempat tidurmu sehingga kamu bisa bangun dengan keberuntungan ekstra untuk tahun baru. Pohon bunga persik diyakini membawa keberuntungan dan kemakmuran serta dikaitkan dengan gairah dan cinta di berbagai budaya.

Sticker atau Ornamen Naga

Tempelkan wall decals yang menampilkan naga di kamarmu untuk menambah sentuhan simbolisme perayaan tahun baru. Terutama di tahun baru Naga ini!

Dekorasi Imlek di rumah tidak hanya menciptakan suasana hangat dan meriah, tetapi juga mempererat ikatan keluarga dalam perayaan tradisional ini. Jangan lupa untuk mencocokkan ide-ide dekorasi imlek di rumah ini berdasarkan preferensi,seleramu dan dekorasi yang sudah ada di setiap ruangan untuk menciptakan suasana yang harmonis dan penuh perayaan di seluruh rumah kalian. Menambahkan dekorasi DIY juga akan memberikan sentuhan personal untuk rumahmu dalam menyambut semangat Tahun Baru Imlek.

Lengkapi Perayaan Imlek Dengan Kue!

dekorasi imlek di rumah

Setelah mengaplikasikan ide-ide dekorasi yang telah dibagikan, saatnya melengkapi momen spesial tersebut dengan lezatnya kue Imlek. Kalian dapat menemukan berbagai kue yang cocok untuk perayaan Imlek bersama keluarga terkasih di Ann’s Bakehouse & Creamery. Kue-kue tersebut tidak hanya menggoda indra perasamu, tetapi juga menambahkan lapisan kemeriahan ekstra untuk perayaan tahun barumu.

Jadi, tunggu apa lagi? Order kue-kue spesial Imlek dari Ann’s Bakehouse & Creamery melalui website kami. Jika kalian lebih suka berbelanja langsung, kunjungi toko offline kami. 

Dengan sentuhan dekorasi yang kreatif dan hidangan kue yang lezat, pastikan perayaan Imlek kalian tahun ini menjadi momen yang tak terlupakan bersama orang-orang tercinta.

Editor: Patricia

Sabrina Putribening Indrarto

Sabrina Indrarto (Sasha) is a Social media & community manager with a knack for content writing and a severe tiramisu addiction

Post navigation

Leave feedback about this

  • Quality
  • Price
  • Service

PROS

+
Add Field

CONS

+
Add Field
Choose Image

Nikmati Kelezatan Spesial Dari Kue Rasa Jeruk Yang Cocok Untuk Imlek 2024

Menggali Kekayaan Tradisi: Mendalami Makna Hari Raya Imlek

Rayakan Tahun Baru Imlek mu Dengan 6 Kue Special Imlek Ala Ann’s

Year of the Dragon Cake Delights: A Sweet Success Guide to Irresistible Treats