Educative

Jangan Lakukan 5 Hal Ini Agar Kue Tetap Awet! Yuk Ketahui Tips Menyimpan Kue

Sedang mencari tips menyimpan kue agar tetap awet dan bisa dinikmati dalam jangka waktu panjang? Berikut adalah 5 hal yang jangan dilakukan saat menyimpan kue

Tips menyimpan kue agar selalu fresh dan segar

Kue merupakan salah satu jenis hidangan yang disukai oleh banyak orang. Kue seringkali dijadikan sebagai dessert, pendamping aktivitas, maupun digunakan sebagai hidangan di acara yang formal. Namun, masalah yang sering muncul adalah kue yang seringkali basi saat disimpan. 

Berapa Lama Kue Bertahan di Luar Kulkas?

Banyak dari jenis kue yang tidak bertahan lama, terlebih apabila disimpan di suhu ruang dan tidak dimasukkan ke dalam kulkas. Jika di dalam kulkas, kue dapat bertahan hingga 3 bulan dan itu harus ditunjang dengan metode penyimpanan yang baik dan tepat. Namun apabila kalian menyimpan kue di luar kulkas, rata-rata maksimal kue hanya bertahan 3 hari hingga 1 minggu. Itupun hanya kue-kue tertentu yang memang memiliki ketahanan yang kuat.

Kue Apa Yang Dapat Bertahan Lama?

Beberapa kue memang memiliki ketahanan yang kuat disimpan berhari-hari, bahkan ada kue yang rasa dan tekstur yang dihasilkan justru lebih lezat saat 5 hari kemudian, misalnya kue Honey Cake. Cita rasa yang sebenarnya dari kue ini, muncul saat hari ke lima saat disimpan sehingga kue ini awet dan tetap terjaga meskipun disimpan dalam waktu lama. Meski begitu, rata-rata kue di pasaran memang hanya bertahan beberapa hari saja dan diperlukan tips menyimpan kue yang tepat.

Apa Saja Tips Menyimpan Kue?

Menyimpan kue membutuhkan trik tersendiri agar tetap awet dan menjaga tekstur serta rasanya. Seringkali masyarakat masih belum benar saat menyimpan kue sehingga kue yang disimpan cepat basi dan tidak lezat lagi saat dinikmati. Lantas bagaimana cara menyimpan kue agar tetap segar dan lezat untuk waktu yang lama? Berikut ini adalah beberapa tips menyimpan kue agar tetap segar dan lezat untuk dinikmati lebih lama.

1. Jangan Simpan Kue di Wadah yang Terbuka

Salah satu cara yang masih sering dilakukan sebagian orang adalah menyimpan kue di wadah yang terbuka. Hal ini dapat merusak kualitas kue dan memudahkan bakteri masuk sehingga rasa dan tekstur kue menjadi rusak dan menyebabkan basi. Gunakanlah wadah yang tertutup seperti toples kaca, plastik, atau alumunium foil. Tips menyimpan kue yang tepat adalah pastikan wadah yang digunakan bersih dan kering sebelum menyimpan kue di dalamnya.

2. Jangan Menyimpan Kue Terlalu Lama

Tips menyimpan kue berikutnya adalah sebaiknya setelah membeli kue, maka cara terbaik agar kue dapat bertahan lama adalah langsung dihabiskan dalam beberapa hari kedepan. Jangan sampai menyimpan kue terlalu lama meskipun sudah ditempatkan dalam wadah tertutup karena akan mempengaruhi tekstur dan rasa yang dihasilkan.

3. Jangan Simpan Kue di Tempat yang Lembab

Kue sebaiknya disimpan dalam tempat atau suhu yang kering dan sejuk. Jangan sampai menyimpan kue dalam tempat yang lingkungannya lembab. Tempatkan kue pada ruangan yang dingin seperti kulkas agar menghambat pertumbuhan bakteri sehingga kue dapat bertahan lebih lama. Suhu penyimpanan yang disarankan adalah sekitar 10-15 derajat Celcius. Jangan menaruh kue di dekat bahan makanan lainnya seperti daging atau ikan karena bau yang dihasilkan bisa merusak rasa kue.

4. Hindari Menyimpan Kue di Tempat yang Terkena Sinar Matahari Langsung

Sinar matahari yang mengenai kue secara langsung, akan menyebabkan kerusakan pada kue tersebut. Apabila ingin menyimpan kue ataupun dihidangkan, pastikan tempat tersebut jauh dari sinar matahari. Tips menyimpan kue yang benar adalah jangan menaruh kue di meja yang bersebelahan dengan jendela dimana sinar matahari dapat langsung mengenai kue tersebut.

5. Simpan Kue dengan Kemasan yang Tepat

Beberapa kue seperti bolu, brownies, roti tawar, memiliki karakter yang sensitif sehingga perlu untuk dipikirkan kemasan untuk menyimpan kue-kue tersebut dalam kemasan yang tepat. Tips menyimpan kue tersebut dapat dilakukan dengan membungkus terlebih dahulu dengan kertas aluminium foil sehingga suhunya terjaga dan terhindar dari bakteri. Pastikan kue yang akan dibungkus dan disimpan, dalam keadaan dingin sehingga tidak menghasilkan uap air yang dapat merusak kue.

Itulah beberapa tips menyimpan kue dan hal-hal yang harus dihindari agar kue lebih awet dan dapat dinikmati lebih lama. Metode-metode diatas, sangat penting untuk diperhatikan agar kue kalian yang telah dinikmati, dapat lebih nikmat lagi dan bertahan lebih lama. Pastikan kue-kue yang telah dibeli ataupun selesai dimasak, disimpan di wadah yang baik dan lingkungan dengan suhu yang baik. Jangan biarkan kue tersimpan dalam lingkungan yang lembab karena bakteri seringkali merusak tekstur dan rasa kue melalui udara yang lembab.

Apabila kalian sedang bingung mencari toko kue mana yang mempunyai kualitas yang bagus dengan metode penyimpanan yang tepat, maka kalian harus mengunjungi Ann’s Bakehouse & Creamery di annsbakehouse.com dan mengikuti Instagram mereka di @annsbakehouse untuk informasi terupdate seputar kue dan penawaran menariknya!

Editor: Patricia Christina

Baca Juga: Ini Dia Tips Memotong Kue yang Estetik, Dijamin Semua Kebagian!

administrator
Putra Perdana adalah seorang profesional di bidang SEO yang saat ini bekerja sebagai SEO Specialist di Ann's Bakehouse & Creamery. Ia lahir dan dibesarkan di suatu kota yang indah di Indonesia. Sejak kecil, Putra telah menunjukkan minat dan bakat dalam bidang teknologi dan komputer sehingga setelah menyelesaikan aktivitas kuliahnya, Putra memutuskan untuk fokus pada bidang digital khususnya bidang pengoptimasian mesin pencari (SEO). Ia memiliki pengetahuan mendalam tentang algoritma dan strategi yang diperlukan untuk meningkatkan peringkat situs web di hasil pencarian Google. Dengan keahliannya yang unggul dalam menganalisis kata kunci, mengoptimalkan konten, dan membangun backlink yang baik, Putra telah membantu Ann's Bakehouse & Creamery dalam meningkatkan visibilitas dalam mesin pencari Google dan meningkatkan traffic organic yang lebih tinggi ke situs web perusahaan. Ia bekerja erat dengan tim pemasaran digital dan pengembang web untuk mengidentifikasi peluang, mengoptimalkan konten, dan mengelola kampanye backlink yang efektif.

Leave feedback about this

  • Quality
  • Price
  • Service

PROS

+
Add Field

CONS

+
Add Field
Choose Image
Choose Video
Chat Now
Halo, terima kasih telah berkunjung ke website Ann's Bakehouse & Creamery. Ada yang bisa kami bantu untuk pemesanan?