8 Kue Olahan Pisang Tradisional dan Internasional. Pilih yang Mana?

kue olahan pisang
Super Banana Ann’s Bakehouse & Creamery

Pisang, buah yang menggoda selera dan memiliki banyak kandungan yang memberikan manfaat bagi manusia. Buah pisang telah memikat hati banyak orang dan menjadi favorit di berbagai kalangan. Tak hanya memberikan kenikmatan saat dinikmati dalam bentuk segar, pisang juga bisa diolah menjadi berbagai kreasi makanan, salah satunya adalah kue. Kelezatan pisang merambah ke dalam dunia kue olahan pisang tradisional maupun internasional. Mari bersama-sama menjelajahi keunikan dan kelezatan kue olahan pisang yang berasal dari berbagai belahan dunia.

Pisang Goreng Thailand: Thai Banana Fritters

Pisang Goreng Thailand, atau yang dikenal sebagai Thai Banana Fritters, adalah sajian camilan yang memikat dari Thailand. Potongan-potongan pisang yang lembut dibalut dalam adonan tepung khas Thailand yang gurih dan renyah, menciptakan pengalaman rasa yang unik. Setelah digoreng hingga keemasan, Thai Banana Fritters menawarkan perpaduan lezat antara manisnya pisang dengan ke crispy-an luar biasa. Camilan ini bukan sekadar gurih, namun juga membawa cita rasa Thailand yang autentik, menjadikannya pilihan yang menggoda bagi pecinta kuliner yang ingin merasakan kelezatan khas Thailand dalam setiap gigitannya.

Banana Bread Amerika Serikat: Classic American Banana Bread

Banana Bread Amerika Serikat adalah varian klasik dari roti pisang yang telah menjadi ikon dalam kuliner Amerika. Dikenal dengan aroma manis dan tekstur lembutnya, Banana Bread ini menggabungkan sensasi pisang matang yang dihancurkan ke dalam adonan roti, memberikan sentuhan kelembutan dan kekayaan rasa yang tak tertandingi. Biasanya dihidangkan dalam bentuk irisan dan seringkali ditambahkan dengan kacang-kacangan atau coklat untuk memberikan dimensi rasa yang lebih kaya. Selain menjadi camilan yang lezat, Banana Bread Amerika Serikat juga sering dianggap sebagai sajian klasik yang menyuguhkan kehangatan dan nostalgia, mengingatkan pada suasana keluarga dan tradisi kuliner Amerika.

Carang Gesing : Kue Pisang khas Surakarta

Carang Gesing adalah sejenis kue tradisional yang berasal dari Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia. Kue ini terkenal karena bahan utamanya, yaitu pisang. Carang Gesing terbuat dari pisang yang diolah dengan cara digesek atau digiling hingga halus, kemudian dicampur dengan kelapa parut, gula kelapa, dan sedikit tepung beras. Campuran ini kemudian dibungkus daun pisang dan dikukus hingga matang.

Keunikan Carang Gesing terletak pada tekstur lembutnya dan cita rasa manis yang berasal dari pisang dan gula kelapa. Kue ini sering dihidangkan dalam acara-acara khusus atau sebagai camilan tradisional. Carang Gesing adalah salah satu contoh kue tradisional Indonesia yang memanfaatkan bahan lokal, memberikan cita rasa khas daerah, dan melestarikan warisan kuliner tradisional.

Kue Pisang Inggris: British Banana Cak

Kue Pisang Inggris, atau yang dikenal sebagai British Banana Cake, adalah sajian klasik yang menghadirkan sentuhan kehangatan tradisi kuliner Inggris. Dalam kue ini, pisang matang dicampurkan ke dalam adonan yang lembut dan kenyal, menciptakan tekstur yang memikat. 

Keunikan British Banana Cake terletak pada perpaduan rasa antara kelembutan pisang dan manisnya kue yang dihasilkan dari gula dan rempah-rempah yang digunakan. Biasanya dihidangkan dalam bentuk potongan, kue ini menjadi simbol kehangatan dan kesederhanaan dalam keseharian masyarakat Inggris. British Banana Cake bukan hanya camilan, tetapi juga sebuah pengalaman rasa yang membawa kita merasakan kelembutan dan kelezatan kue tradisional Inggris.

Bánh Chuối Vietnam: Vietnamese Banana Cake

Bánh Chuối Vietnam, atau yang dikenal sebagai Vietnamese Banana Cake, adalah hidangan yang memikat dari Vietnam. Kue ini terbuat dari pisang matang yang dihancurkan dan dicampurkan dalam adonan yang khas, kemudian dipanggang hingga matang. 

Keistimewaan dari Bánh Chuối terletak pada perpaduan unik antara kelembutan pisang, tekstur kenyal adonan, dan kelezatan kelapa parut yang digunakan sebagai topping. Rasa manis alami dari pisang berpadu dengan kelapa parut memberikan cita rasa yang lezat dan memuaskan. Kue ini tidak hanya sekadar hidangan pencuci mulut, melainkan juga sebuah pengalaman rasa yang mencerminkan kekayaan kuliner Vietnam dan keunikan dalam mengolah pisang menjadi sajian yang tak terlupakan.

Hummingbird Muffin:  Kue Pisang Amerika Selatan

Hummingbird Muffin adalah variasi dari kue Hummingbird yang populer. Hummingbird Cake sendiri adalah kue yang berasal dari Amerika Selatan dan terkenal karena paduan pisang, nanas, dan kenari. Versi Muffin dari kue ini menyajikan kelezatan yang sama, namun dalam bentuk yang lebih kecil dan praktis.

Hummingbird Muffin umumnya terdiri dari adonan yang menggabungkan pisang matang, potongan nanas, dan kenari yang dicincang. Adonan ini kemudian dipanggang dalam cetakan muffin hingga matang dan berwarna keemasan. Muffin ini biasanya memiliki tekstur yang lembut dan kelembutan yang berasal dari pisang, serta kelezatan yang berasal dari tambahan nanas dan kenari.

Hummingbird Muffin sering dianggap sebagai sajian yang cocok untuk sarapan atau camilan, memberikan kombinasi rasa yang unik dan memikat bagi para pecinta kue. Kue ini menciptakan pengalaman rasa yang memadukan manis alami dari buah-buahan dengan kelezatan kenari, menciptakan sajian yang cocok untuk dinikmati kapan saja.

Pisang Flambe Prancis: French Banana Flambe

Pisang Flambe Prancis, atau French Banana Flambe, adalah hidangan yang memikat dan mewah dari dapur Prancis. Dalam sajian ini, potongan pisang dimasak dengan mentega, gula, dan kadang-kadang disiram dengan brandy atau likuer, lalu dibakar untuk memberikan sentuhan flambe yang spektakuler. Proses ini tidak hanya menciptakan aroma yang menggoda, tetapi juga menghasilkan sajian yang lembut dan lezat. 

Pisang Flambe Prancis sering dihidangkan dengan es krim atau saus karamel, menambahkan dimensi rasa yang semakin kaya dan memanjakan lidah. Sajian ini tidak hanya merupakan hidangan penutup, tetapi juga merupakan perwakilan dari keahlian kuliner tingkat tinggi dan keanggunan yang khas Prancis.

Super Banana: Kue Pisang ala Ann’s Bakehouse & Creamery

kue olahan pisang

Ann’s Bakehouse & Creamery pun memiliki kue olahan pisang juga loh, yaitu Super Banana! Hadir dengan resep baru, kue ini bersahabat untuk kalian yang memiliki lifestyle Vegan dan Gluten Free. Super Banana hadir dengan menggunakan pisang asli, cokelat hitam, tepung non-gluten dan pemanis gula aren. Super Banana tetap menghadirkan banana cake lembut dan padat, meskipun tanpa menggunakan telur dan susu. Aroma pisang dan ganache coklat yang terbuat dari santan serta taburan kacang coklat membuatmu tak sabar untuk menikmatinya!

Dengan 8 pilihan kue olahan pisang yang begitu beragam, pilihlah yang sesuai dengan selera dan keinginan kalian. Yuk kunjungi website, toko offline kami dan contact team Customer Service untuk mencicipi kue super banana kami. 

Patricia Christina

Patricia Christina adalah seorang SEO Specialist yang juga merupakan seorang penikmat kuliner, khususnya dessert.

Post navigation

Leave feedback about this

  • Quality
  • Price
  • Service

PROS

+
Add Field

CONS

+
Add Field
Choose Image

Yuk Asah Kreativitas Anak dengan Mendekorasi DIY Cake yang Seru bareng Malo!

Pilih dengan Bijak: 6 Rekomendasi Kue yang Sehat dan Bergizi

6 Kue untuk Diet: Nikmati Kelezatan Tanpa Melanggar Dietmu

Sejarah Kue Tiramisu: Mengungkap Kelezatan yang Tersembunyi