Educative

Sejarah Kue Sacher Torte, Sebuah Karya Besar Dari Austria, yang Perlu Kamu Coba!

kue sachertorte
Kue Sacher Torte Ann’s Bakehouse & Creamery

Sejarah Kue Sacher Torte

Torte, dari pelafalannya mirip dengan kata “tart” seperti di “kue tart” dan memang mirip dengan kue tart biasanya. Torte ini merupakan kue yang tebal, biasanya memiliki banyak lapis, dan mengandung antara whip cream, krim mentega, mousse, selai, atau bahkan buah-buahan di dalamnya. Biasanya, torte yang disajikan dingin dilumuri oleh semacam manisan seperti gula cair dan kemudian dihias.

Franz Sacher sendiri adalah seorang confectioner atau pembuat manisan yang berasal dari Austria. Ceritanya adalah, di tahun 1832, juru masak istana diberikan perintah oleh Pangeran Metternich untuk membuat hidangan penutup spesial untuk acara makan malam yang akan dihadiri oleh tamu-tamu pentingnya. Di hari itu juru masak istana tempat Pangeran Metternich berada jatuh sakit, dan karena hal tersebut terjadi, tugas menyiapkan hidangan penutup yang penting ini diberikan kepada Franz Sacher, yang sedang berada di tahun kedua pelatihan di divisi juru masak istana saat itu. Hasilnya adalah Franz Sacher yang berusia 16 tahun menciptakan hidangan penutup Sacher torte yang terkenal di seluruh Austria.

Anaknya, Eduard Sacher, membuka hotel Sacher bertahun-tahun kemudian ialah yang menyempurnakan resep Sacher torte milik ayahnya hingga berbentuk dan memiliki rasa seperti yang kita kenali sekarang ini. Kue ini pertama kali dijual di toko kue Demel, ketika Ia bekerja di sana, lalu baru di Hotel Sacher, yang menjadikan ini salah satu atraksi terpenting yang mendatangkan banyak tamu dari daerah-daerah lain. Selain itu, kue Sacher torte ini memang terkenal dapat membantu menyulap sebuah hotel biasa menjadi hotel mewah hanya dengan menyajikan hidangan penutup ini.

Hal ini sempat menimbulkan perdebatan mengenai siapa pemilik dan siapa yang berhak menjual “Sacher Torte Asli”. Hingga pada akhirnya di tahun 1963, kedua pihak mencapai kesepakatan di luar ruang sidang yang memberikan Hotel Sacher hak eksklusif atas merek dagang “Sacher torte Asli”, sementara Demel diberikan hak untuk menghiasi torte dengan segel segitiga yang merujuk pada Eduard-Sacher Torte.

Sacher Torte – Zaman Modern

Sejak awal penemuannya, kue Sacher Torte berhasil menyebar ke seluruh Austria, lalu hingga ke seluruh dunia. Namun resep aslinya dilindungi oleh hak merek dagang. Meskipun demikian, hal tersebut tidak menghentikan para pembuat kue lainnya untuk mencoba membuat Sacher torte mereka sendiri.

Hotel Sacher di Wina adalah satu-satunya yang memproduksi dan menjual Sacher torte yang 100% asli (dengan merek dagang, yang hanya terbuat dari cokelat, yang diaplikasikan pada kuenya). Hotel ini memproduksi lebih dari 270.000 buah per tahun nya.

Sacher Torte Ala Ann’s Bakehouse

Jika kamu pingin coba rasanya makan di hotel bintang lima, inilah saat yang tepat, NetizAnns! Ann’s Bakehouse and Creamery menyediakan kue Sacher Torte untuk kamu santap di rumahmu. Kue Sacher Torte khas Ann’s ini merupakan kue yang harus kamu coba agar kamu tahu rasanya kue mewah! Dengan lapisan kue yang tebal, buah aprikot yang nyelekit, gabungan krim cokelat yang nikmat, pasti kamu akan pingin makan lagi!

Hidangan yang manisnya pas ini sangat cocok buat kamu yang sedang ngopi. Tambahkan sepotong kue Sacher Torte ini untuk melengkapi kopi yang menyegarkan biar kamu punya lebih banyak energi dan fokus! Ann’s juga memiliki Sacher Torte dalam porsi serving cup loh. Cocok untuk kamu yang memakannya sendirian.

Kamu bisa memesan kue karya besar Franz Sacher ini dari laman produk dengan link ini. Tinggal pilih bentuk dan ukuran yang kamu inginkan, lalu kamu tinggal tunggu hingga kue populer dari Austria ini sampai ke pintu rumahmu! Atau kamu juga bisa whatsapp team customer service kami maupun datang ke toko offline kami, sambil melihat-lihat jenis kue kami lainnya. Jangan lupa juga untuk segera memasukkan kue Sacher Torte ini ke dalam lemari pendinginmu ketika kamu terima. Kue ini bisa bertahan 3-4 hari di dalam kulkas dan 1-2 jam pada suhu ruang. Yuk tunggu apalagi! Segera beli dan nikmati kelezatannya.

Editor: Patricia Christina

Leave feedback about this

  • Quality
  • Price
  • Service

PROS

+
Add Field

CONS

+
Add Field
Choose Image
Choose Video
Chat Now
Halo, terima kasih telah berkunjung ke website Ann's Bakehouse & Creamery. Ada yang bisa kami bantu untuk pemesanan?