Kenalan Dengan 5 Jenis Tepung Terigu Beserta Fungsinya, Yuk!

Tepung terigu memiliki banyak sekali jenis dan kegunaannya masing-masing. Apa saja itu? Yuk kita simak bareng jenis tepung terigu berikut ini!

Jenis Tepung Terigu

Apa itu tepung terigu

Tepung terigu adalah suatu bahan mentah yang digunakan untuk berbagai jenis masakan. Baik itu adalah masakan savory ataupun dessert baik kue atau cake. Tepung terigu adalah bahan yang sangat fleksibel dan umumnya hanya memiliki rasa yang plain sehingga perlu penambahan bumbu-bumbu tertentu agar menambah cita rasa di dalam masakan. Nah kalau teman kesayanganns suka masak terlebih bikin kue, pasti sahabatan banget deh sama tepung terigu. Sebenarnya sebutan tepung terigu ini maksudnya adalah tepung yang dihasilkan dari gandum. Seperti yang kita tahu, warna tepung terigu biasanya putih, meskipun seringkali cenderung berwarna putih gading (atau kalau bahasa kerennya off-white).

Jenis tepung terigu

Nah, ternyata tepung terigu ada banyak jenisnya, lho. Jadi begini, yang sebenarnya membedakan jenis-jenis tepung terigu adalah kadar proteinnya. Ada yang mengandung protein rendah, sedang, hingga jumlah yang tinggi dan semakin tinggi kadar protein di dalam tepung, maka kadar glutennya pun juga semakin tinggi. Adonan tepung dengan kadar gluten yang tinggi akan menghasilkan makanan dengan teksturnya lebih keras.

Karena itu, sebelum membuat makanan di dapur coba kamu cek dulu jenis tepung terigunya, ya. Karena kalau kamu salah pilih tepung, bisa-bisa makanan yang kamu buat jadi kurang sempurna.

Ayo, sekarang coba kita bedah satu-persatu jenis dan fungsi dari tiap tepung yang ada!

1. All Purpose Flour (Tepung Serbaguna)

Tepung ini adalah jenis tepung terigu yang wajib tersedia di dapur rumahmu. Tepung serbaguna ini memiliki kadar protein sedang, kira-kira 9% hingga 12%. Tepung ini cocok untuk dipakai dalam berbagai jenis kue lho! Selain kue, kamu juga bisa membuat adonan pizza, pancake, muffin, dan juga pasta.

2. Cake Flour

Cake flour merupakan tepung terigu dengan kadar protein rendah, yaitu sekitar 5% hingga 8%. Karena kadar glutennya merupakaan paling rendah dibandingkan dengan jenis tepung terigu lain, maka tepung ini paling cocok untuk membuat kue tipe soft cake karena hasilnya akan sangat lembut. Coba gunakan cake flour untuk membuat kue seperti brownies, cheese tart, layer cake, sponge cake, ataupun muffin.

3. Pastry Flour

Kamu suka bikin kue kering? Nah, pilih pastry flour sebagai bahan dasarnya! Tepung ini memiliki kadar protein mulai 8% hingga 9%. Dengan kadar protein seperti itu, hasil kue yang akan kamu buat akan tetap lembut namun tidak selembut menggunakan cake flour dan tidak akan sekeras menggunakan All Purpose Flour atau Tepung Serbaguna. Selain kue kering, kamu juga bisa menggunakan pastry flour untuk membuat adonan pie juga!

4. Bread Flour

Tepung ini memiliki kadar protein paling tinggi, yaitu 14%. Karena kadar glutennya tinggi, maka tekstur kue yang dibuat menggunakan tepung ini juga akan bertekstur keras dan lebih mengembang, kemudian adonannya juga lebih berongga. Karena itu tepung ini paling cocok digunakan untuk membuat roti-roti artisan, seperti baguette, pretzel, bagel, adonan pizza, ataupun mie.

5. Tepung Self-Rising

Tepung self-rising adalah tepung dengan kadar protein sedang, yaitu sekitar 8% hingga 9% yang diberi tambahan baking powder dan garam dahulu dalam proses penggilingan. Biasanya tepung ini digunakan untuk membuat biskuit, pancake, atau scones. Jika kamu tidak memiliki tepung self-rising ini, bisa juga menggunakan campuran tepung all-purpose flour dengan 1 sendok makan baking soda dan 1 sendok teh garam. Hati-hati, ya! Jangan coba-coba mengganti tepung self-rising dengan jenis tepung lain saat kamu membuat kue dengan resep yang diharuskan menggunakan tepung self-rising. Bisa-bisa kuemu nanti tidak jadi sempurna.

Itu dia beragam jenis tepung terigu yang perlu kamu tahu. Semoga kamu tidak salah pilih tepungnya, ya! Oh iya, kalau kamu tidak mau repot untuk bikin kue sendiri di rumah, bisa loh pesan di Ann’s Bakehouse and Creamery. Kamu bisa langsung memesannya melalui website annsbakehouse.comWhatsApp Customer Service, atau langsung datang ke toko offline Ann’s Bakehouse & Creamery. Jangan lupa juga untuk follow akun instagram @annsbakehouse untuk informasi terupdate seputar kue dan penawaran menariknya, ya! Asik!

Post navigation

Leave feedback about this

  • Quality
  • Price
  • Service

PROS

+
Add Field

CONS

+
Add Field
Choose Image