Educative

Taukah Kamu, 7 Nama Nama Kue Kering Kesukaanmu ini Aslinya Apa?

Nama nama kue kering yang kita kenal sekarang ini, ternyata memiliki nama yang agak berbeda lho. Nah apa saja nama asli dari macam-macam kue kering terkenal tersebut?

nama nama kue kering

Mulai dari Roti Rempah, Kastengel, sampai Bluder, ada banyak sekali kue-kue yang masih kita nikmati sekarang yang sudah ada sejak jaman Belanda dulu. Ketika merayakan Hari Raya ataupun sedang kumpul dengan keluarga, mungkin banyak dari kita yang bisa menikmati kastengel dengan kelezatan keju dan tekstur yang renyah. Atau mungkin kamu pernah mencoba poffertjes atau kue pancake kecil. Banyak sekali kue-kue yang kita nikmati sekarang yang asalnya memang dari Belanda.

Dan karena kue-kue ini berasal dari Belanda, tentu saja mereka memiliki nama-nama Indonesia yang diberi nama ketika kue-kue ini tiba di negeri kita! Ini beberapa contohnya:

Nama BelandaArti HarafiahNama Bahasa Indonesia
OntbijtkoekOntbijt – Breakfast; Koek – KueRoti Rempah
KlappertaartKlapper – Kelapa; Taart – Tart/KueKlappertaart
PoffertjesPoffer – Puffy (lembut); -tjes – KuePoffertjes/Panekuk Lembut/Kue Cubit
SpekkoekKue BaconSpiku
NastarNanas TartNastar
KaastengelsKaas – Keju; Tengels – JariKastengel
KaasstengelsKaas – Keju; Stengels – StikKastengel

Ontbijtkoek

Apa kamu pernah mencoba kue rempah? Hidangan yang memiliki nama asli Ontbijtkoek ini sebenarnya merupakan pembagian dari dua kata: yang pertama adalah Ontbijt (dibaca “ong-baet”) yang berarti sarapan, dan koek (dibaca “kuk”) yang berarti kue. Secara harafiah, artinya adalah kue sarapan pagi. Memang hidangan ini biasanya dihidangkan untuk sarapan pagi, tapi tentunya juga bisa kamu nikmati untuk nyemil di sore hari!

Klaappertaart

Bagaimana dengan Klaappertaart? Kue yang dibuat menggunakan kelapa ini biasanya diberikan sebagai hidangan penutup di jaman dahulu kala. Sekarang? Bisa kamu makan kapanpun! Kalau kamu ada di daerah Jakarta dan Bogor, pasti kamu banyak menemukan kue Klappertaart ini. Kata Klapper (dibaca “klapper”) itu berarti kelapa dan kata taart (dibaca “taart”) itu berarti kue, atau tart. Jadi sebenarnya kue ini berarti kue kelapa, lho.

Poffertjes

Demikian juga dengan Poffertjes. Poffertjes berasal dari kata Poffer (dibaca “pofer”) yang berarti lembut, dan imbuhan -tjes yang berarti kue. “Kue Lembut” ini biasa juga disebut “Kue Cubit” yang bisa kamu lihat baik di pinggir jalan ataupun dihidangkan di mall-mall besar! Bagaimanapun caranya kamu menyantap hidangan ini, kelembutan dan rasa manis yang pas pasti bisa membuat kamu merasa lebih senang!

Kue Spiku

Ini yang seru, kalau kalian pernah dengar kue Spiku yang berasal dari Surabaya, pasti suka deh! Kata Spiku, atau dari asal Belandanya yaitu Spekkoek secara harafiah berarti Kue Bacon. Ya, bacon atau daging babi! Tapi kue ini tidak mengandung babi sama sekali, Spiku ini diberi nama demikian karena memiliki lapisan yang berwarna terang, diikuti oleh lapisan berwarna gelap. Karena perpaduan warna inilah, bentuknya dikatakan mirip dengan bacon!

Nastar

Kemudian ada kue nastar, meskipun kue kering kesukaan Indonesia ketika memasuki bulan suci Ramadhan ini berasal dari jaman Belanda, tapi nama Nastar ini sebenarnya hanya berarti “Nanas tart” yang cukup menjelaskan keadaan di luar dan di dalam kue lezat ini.

Kastengel

Terakhir ada kue Kastengel. Asal dari kata Kastengel ini bisa dibagi menjadi dua, yaitu Kaastengel dan Kaasstengels. Bedanya di mana? Keduanya memiliki kata Kaas yang berarti keju. Kemudian ada perbedaan antara -tengel dan kata -stengels. Kata -tengel berarti “jari,” dan kata -stengels berarti stik. Jadi kue Kastengel ini secara harafiah bisa berarti jari keju atau stik keju. Diberikan nama jari keju karena bentuknya yang kecil jadi bisa disebut juga sebagai “finger foods.”

Bagaimana menurut kamu? Mana kue asal Belanda ini yang menjadi kesukaanmu?

Kalau kamu ingin mencoba kue kering seperti Kastengel atau Nastar, Ann’s Bakehouse and Creamery punya jawabannya untuk kamu! Kamu bisa memesan kue dengan bahan premium dan mencoba sendiri enaknya kue-kue dari jaman dahulu kala ini!

Untuk memesannya pun mudah, kamu bisa membuka website kami, atau kontak tim customer service kami. Selain itu, kamu bisa langsung menikmati kue kering lezat ini dengan mendatangi toko offline kami sambil melihat kue-kue lainnya.

Editor: Patricia Christina

Baca Juga: Lagi Nggak Bisa Keluar Rumah? “Ngopi” Dengan Kue Kering Rasa Kopi Aja!

Leave feedback about this

  • Quality
  • Price
  • Service

PROS

+
Add Field

CONS

+
Add Field
Choose Image
Choose Video
Chat Now
Halo, terima kasih telah berkunjung ke website Ann's Bakehouse & Creamery. Ada yang bisa kami bantu untuk pemesanan?