Educative

Roti dan Kue, Bedanya Apa Sih?

Roti dan kue banyak sekali bertebaran di pasaran sekarang ini. Tapi masih ada banyak yang masih bingung dengan beda roti dan kue. Nah simak artikel berikut yuk!

Hai teman kesayanganns! Di Ann’s Bakehouse and Creamery ada banyak sekali varian kue-kue lezat dan roti yang bisa kamu hidangkan dalam keadaan apapun. Tapi, dari pembicaraan kita selama ini tentang kue dan roti, apa sih bedanya kue dan roti itu?

Mungkin banyak yang sudah tahu kalau keduanya dibuat dari adonan yang biasanya terbuat dari tepung dan telur. Tetapi, sebenarnya, ada beberapa perbedaan dari roti dan kue yang bisa kamu lihat. Kalau kamu ingin membuat kue atau roti di rumahmu sendiri, yuk kita lihat beberapa perbedaan antara roti dan kue!

Perbedaan roti dan kue pertama terletak di rasanya. Kemudian, tentu saja tekstur dari kue dan roti, meskipun mirip, tetapi berbeda, lho. Bahan-bahan yang digunakan pun juga biasanya beda, belum lagi teknik pembuatannya yang berbeda.

Rasa

Rasa kue biasanya lebih manis daripada roti karena gula yang digunakan di dalam kue lebih banyak daripada roti. Meskipun begitu, kalau kamu sedang menjaga berat badan atau kadar gula di dalam tubuhmu, Ann’s Bakehouse and Creamery memiliki varian less sugar untuk beberapa produk kami!

Tekstur

Kue memiliki tekstur yang lebih lembut dan halus daripada roti. Karena roti biasanya memiliki tekstur yang lebih berongga, lebih mengembang, dan juga kasar. Hal ini disebabkan oleh adonan roti yang biasanya dibuat menggunakan ragi dalam proses pembuatannya agar mengembang.

Sedangkan kue biasanya tidak menggunakan ragi ketika sedang dibuat. Biasanya untuk agar kue bisa mengembang, kue bergantung kepada telur, baking powder, baking soda, dan beberapa bahan pengembang lainnya.

Teknik Membuat

Dalam pembuatannya, kue biasanya memang dipanggang, tetapi juga ada beberapa tipe kue yang dibuat dengan proses dikukus. Sedangkan roti biasanya hanya melalui proses dipanggang saja. Pencampuran adonan kue merupakan dengan mengocok bahan basah, sedangkan roti dibuat dengan pencampuran bahan-bahan yang kering sehingga menjadi adonan.

Bahan

Ketika kamu membuat sebuah adonan, kamu bisa melihat dari bahan-bahannya terlebih dahulu, jika adonan itu mengandung tepung dengan protein rendah, kemungkinan besar adonan itu merupakan adonan kue. Jika yang digunakan adalah tepung dengan protein tinggi, biasanya itu merupakan adonan roti. Kemudian, seperti yang dikatakan di atas, adonan kue memiliki baking powder sedangkan adonan roti mengandung ragi. Keduanya digunakan untuk membuat adonan tersebut mengembang!

Penghidangan

Roti di daerah Eropa juga sering dihidangkan sebagai makanan pokok. Sangat jarang kue dijadikan makanan pokok karena roti memiliki kandungan karbohidrat dan protein yang lebih tinggi daripada kue. Meskipun kadar gula kue lebih tinggi, tetapi rasa kenyang yang didapat karena mengonsumsi kue akan cepat hilang.

Jadi bagaimana? Kalau menurut kami sih lebih baik makan kue ketika ada perayaan atau untuk ngemil saja! Meskipun begitu, jangan salah juga, di Ann’s Bakehouse and Creamery terdapat banyak kue-kue yang juga menyehatkan seperti Carrot Cake. Juga ada banyak roti-roti yang bisa kamu gunakan untuk eksperimenmu di dapur! Contohnya ada roti Brioche dan Baguette seperti yang sudah kita bicarakan sebelumnya.

Tunggu apa lagi? Kamu bisa memesan langsung melalui halaman produk yang tertera di atas, atau kalian bisa langsung memesannya melalui website annsbakehouse.com, bisa juga menghubungi melalui WhatsApp Customer Service, atau kalian bisa langsung datang ke toko offline Ann’s Bakehouse & Creamery. Jangan lupa juga untuk follow akun instagram @annsbakehouse untuk informasi terupdate seputar kue dan penawaran menarik lainnya, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.