7 Tradisi Hari Lebaran Yang Selalu Dinantikan di Indonesia

Tradisi lebaran di Indonesia

NetizAnns mungkin menyadari beberapa tradisi lebaran yang begitu melekat dalam kehidupan umat Islam di Indonesia. Kalau salah satu tradisi lebaran ini tidak dilakukan, rasanya seperti ada yang kurang, deh. Bahkan beragam tradisi juga ada yang sudah dipersiapkan sejak bulan ramadhan tiba. Kira-kira apa saja ya, netizAnns?

1. Mudik

Salah satu hal yang dinantikan dan salah satu tradisi lebaran adalah mudik. Banyak masyarakat di Indonesia yang merantau ke ibu kota. Karena kesibukannya, mereka tidak bisa terlalu sering pulang. Bahkan banyak dari kita yang hanya bisa kembali ke kampung halaman satu tahun sekali dengan mengandalkan cuti tahunan. Karena itu, waktu lebaran akan menjadi momen yang ditunggu-tunggu untuk pulang kampung ke halaman bertemu orang tua dan sanak saudara karena tradisi lebaran yang satu ini sudah sangat kental di Indonesia. Maka wajar, momen mudik lebaran menjadi waktu tersibuk di segala jenis transportasi. Semua orang karena melakukan perjalanan secara serentak. Sayangnya karena kita masih terjebak dalam situasi pandemi, tidak semua orang bisa mudik seperti tahun-tahun sebelumnya. Untung saja saat ini ada teknologi yang membantu teman kesayangAnns untuk bertemu secara virtual!

2. Halal bi Halal

Saat hari lebaran tiba, Halal bi halal menjadi tradisi lebaran dan momen yang tepat untuk bermaaf-maafan dan menjaga silaturahmi ke antar sesama. Berkunjung ke ruman orang tua, om, tante, nenek, kakek, hingga tetangga. Meskipun sekarang tidak bisa melakukan halal bi halal secara langsung karena pandemi, netizAnns masih bisa menjalani halal bihalal melalui video call.

3. Menyantap Makan Khas Lebaran

Tak akan lengkap rasanya jika lebaran tanpa makanan khas yang tersaji di meja makan. Biasanya saat lebaran tiba, netizAnns akan menemukan sajian ketupat dengan sayur godok, rendang, sambal goreng kentang, aneka soto, opor, hingga gulai. Makanan ini menjadi salah satu tradisi lebaran yang wajib tersedia. Wah, menggoda banget deh!

4. Berbagi THR

Bagi – bagi THR atau Tunjangan Hari Raya sudah menjadi tradisi lebaran dimana momen ini adalah sejumlah uang yang biasanya diterima saat lebaran tiba. Biasanya didapatkan dari perusahaan tempat seseorang bekerja. Tapi jangan lupa netizAnns! Para sepupu kecil, keponakan, hingga cucu juga ikut antri untuk menerima THR dari kamu!

5. Beli Baju Lebaran

Saat menjelang lebaran tiba, biasanya masyarakat membeli baju lebaran. Di hari yang suci dan fitri, rasanya ingin semuanya serba baru, hati yang lebih bersih, suci, dan diwakilkan dengan pakaian yang juga baru. Maka dari itu, momen lebaran pasti menjadi momen tersibuk di pusat perbelanjaan.

 

Mengingat keadaannya yang masih terbatas untuk bepergian karena pandemi, kamu bisa duduk manis dan belanja lewat HP di aplikasi belanja online.

6. Mengantar Hantaran ke Sanak Saudara

Situasi pandemi tidak akan menghentikan netizAnns untuk berbagi hantaran ke rumah keluarga. Dengan adanya kurir paket, kamu bisa mengirimkan hantaran melalui mereka. Selain membantu memudahkan kamu untuk mengurangi kontak fisik, juga membantu para kurir mencari nafkah, lho.

7. Menyediakan Kue Khas Lebaran

Selain ketupat, ada berbagai macam kue kering juga tersaji saat lebaran. Misalnya kue Putri Salju, Nastar, Kaastengel, Sagu Keju, hingga Lapis Legit. Kue ini juga selalu tertata cantik di meja tamu. Kalau nggak ada kue-kue ini rasanya lebaran jadi kurang berkesan.

Berhubung membuat kue kering ini cukup menyita waktu, kamu bisa beli kue-kuenya di Ann’s Bakehouse & Creamery. Dijamin kue kering dari kami akan membuat semua anggota keluarga ketagihan! Kamu juga gak perlu repot-repot untuk membuatnya sendiri.

Nah, kalau kamu tertarik dengan kue khas lebaran dari Ann’s Bakehouse & Creamery, yuk, pesan dengan menghubungi WhatsApp kami +62 811-114-960 atau pesan via website di sini. NetizAnns juga bisa mampir langsung ke toko kami. Buat kamu yang pingin lihat-lihat update terbaru Ann’s Bakehouse & Creamery, yuk follow akun instagram kami di: @annsbakehouse.

Selamat lebaran, netizAnns!

Baca juga: Sebentar Lagi Hari Lebaran Tiba! Rayakan dengan Hampers dan Kue-Kue Lezat Pilihan Ann’s Bakehouse and Creamery!

Post navigation

Leave feedback about this

  • Quality
  • Price
  • Service

PROS

+
Add Field

CONS

+
Add Field
Choose Image