Kue Basah Yang Cocok untuk Buka Puasa dengan Orang-orang Terkasih

kue basah yang cocok untuk buka puasa

Selama bulan puasa, menunggu jam buka puasa biasanya diisi dengan kegiatan “ngabuburit” dan mencari makanan untuk berbuka bersama keluarga. Kue tradisional seringkali menjadi pilihan hidangan untuk berbuka puasa karena pilihan jenis kue basah yang beragam dan citarasa yang kaya dengan berbagai pilihan kue-kue asin maupun manis. Tapi apakah kalian sudah bosan dengan pilihan kue basah yang itu-itu saja untuk buka puasa? Kami hadir untuk memberikan beberapa rekomendasi! Temukan beragam kue yang lezat dan cocok untuk menyemarakkan momen berbuka puasa kalian bersama keluarga. Dari kue tradisional hingga kreasi modern, kami akan membantu kalian menemukan pilihan kue basah yang cocok untuk buka puasa yang sesuai dengan selera dan tradisi kalian.

Kue Basah Tradisional di Indonesia

Berikut beberapa pilihan kue basah tradisional yang sering dihidangkan untuk berbuka puasa di Indonesia:

Klepon

Klepon merupakan kue jajanan tradisional yang khas dengan warna hijau dan rasanya yang unik. Kue Klepon terbuat dari tepung ketan putih yang dibentuk menjadi bola-bola kecil dengan isi gula merah dan taburan kelapa parut di atasnya.

Kue Lupis

Kue lupis merupakan kue tradisional yang terbuat dari beras ketan yang bertekstur kenyal dan legit. Lupis dibuat dengan merebus beras ketan yang telah dibungkus dengan daun pisang, biasanya berbentuk segitiga atau lonjong. Biasanya kue lupis disajikan dengan siraman gula merah dan parutan kelapa, membuat rasa yang manis dan gurih.

Onde-onde

Onde-onde adalah kue tradisional yang berasal dari Mojokerto, Jawa Timur. Onde-onde merupakan jajanan berbentuk bulat dengan warna keemasan dengan banyak taburan biji wijen diatasnya. Biasanya, onde-onde memiliki isian kacang hijau yang manis.

Kue Bugis

Kue Bugis, sebuah kue tradisional, dikenal sebagai hidangan lezat yang terbuat dari beras ketan yang dikukus dengan cermat. Warna kue ini dapat sangat bervariasi, mulai dari hijau yang menawan hingga hitam keunguan yang menarik. Kue Bugis yang berwarna hijau sering kali dicampur dengan daun suji, sementara yang berwarna hitam umumnya mengandung ketan hitam. Isiannya pun tak kalah menggugah selera, seringkali terdiri dari parutan kelapa yang manis dengan gula merah yang melengkapi cita rasa khasnya.

Inovasi Kue Basah Modern

Seiring berjalannya waktu, pembuatan dan tipe kue basah sudah menjadi lebih modern dengan adanya tambahan-tambahan rasa yang baru dan juga interpretasi yang modern terhadap kue-kue tradisional.

Walau kue-kue tradisional akan selalu menjadi pilihan yang comforting dan membawa kehangatan, kue basah modern menawarkan rasa-rasa yang baru dan tampilan yang cantik untuk menjadi alternatif baru dalam hidangan berbuka puasa.

Faktor-faktor yang Perlu Dipertimbangkan

Dalam menjelajahi pilihan kue basah yang cocok untuk buka puasa, terdapat beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan agar momen berbuka puasa semakin spesial dan berkesan. Mari kita telaah lebih dalam faktor-faktor yang menjadi kunci dalam memilih kue basah yang pas untuk memperindah meja berbuka puasa kalilan:

Inovasi Rasa

Dalam memilih kue basah modern, kamu bisa mempertimbangkan kombinasi rasa baru apa yang mereka tawarkan, seperti kombinasi buah-buahan yang baru, pandan, matcha, atau bahan dan citarasa  lainnya yang tidak akan ditemukan di kue tradisional.

Tampilan & Aesthetics

Kue basah modern biasanya disajikan dengan tampilan yang cantik dengan warna yang menyala, desain yang detail, dan garnish yang kreatif. Carilah kue basah modern yang enak dan juga menambahkan elemen estetika pada hidangan buka puasa kamu.

Kreasi yang Unik dan Baru

Untuk pengalaman berbuka puasa yang mengesankan, cobalah kue basah modern yang unik atau memiliki signature twist dalam kuenya. Menghidangkan kue basah modern yang unik akan menjadi sentuhan exclusive pada buka bersama keluarga kamu.

Rekomendasi dari Ann’s Bakehouse & Creamery

Dengan memperhatikan rasa yang unik, kualitas bahan-bahan yang terbaik dan tentunya visually pleasing, Ann’s Bakehouse & Creamery merekomendasi beberapa kreasi unik  kami yang cocok untuk menjadi hidangan berbuka puasa kamu dengan orang-orang terkasih.

Quiche Lorraine Truffle

kue basah yang cocok untuk buka puasa

Terinspirasi dari resep autentiknya, Ann’s Bakehouse & Creamery mengkreasikan Quiche Lorraine Truffle dengan tambahan daging asap, bayam, aged cheese dan krim truffle. Kaya akan rasa dan aroma, Quiche ini pasti akan menjadi hidangan buka puasa  yang membuatmu menginginkannya lagi dan lagi.

Coco Cake

kue basah yang cocok untuk buka puasa

Dalam menyambut momen berbuka puasa, tidak ada yang lebih sempurna daripada menikmati kelezatan Coco Cake. Kue ini tidak hanya memikat dengan ragam olahan cokelat yang melimpah, tetapi juga dengan kelembutan kue sponge cokelat yang moist di mulut. Dihiasi dengan lapisan buttercream cokelat yang lembut dan serpihan cokelat yang menggoda. Jadikanlah setiap momen berbuka puasa semakin istimewa dengan kelezatan kue basah ini, memberikan sentuhan manis yang tak terlupakan bagi seluruh keluarga.

Carrot Cake

kue basah yang cocok untuk buka puasa

Menghadirkan kelezatan yang tak terlupakan, Carrot Cake adalah pilihan sempurna untuk berbuka puasa yang spesial. Dengan campuran rempah yang khas, nikmati cita rasa kue wortel yang kaya di setiap gigitannya. Tak hanya itu, kelembutan kue spons yang padat dan lapisan cream cheese yang lembut membawa pengalaman menyantap kue ini ke tingkat berikutnya. Rasakan sensasi kelezatan yang tak terlupakan, dan jadikan Carrot Cake sebagai sajian istimewa di meja berbuka puasa kalian!

German Black Forest

kue basah yang cocok untuk buka puasa

Jika kalian mencari kue basah yang istimewa untuk berbuka puasa, tak ada yang lebih memuaskan daripada German Black Forest. Salah satu kue ulang tahun favorit sepanjang masa, kue Black Forest dari Ann’s Bakehouse & Creamery memukau dengan keunikan rasa dan tekstur tanpa alkohol. Rasakan kekayaan rasa cokelatnya yang menyelip dalam setiap lapisan, mulai dari kue spons yang lembut, serpihan cokelat di atasnya, hingga lapisan whipped cream yang lembut. Topping ceri merah yang merona menambah pesona kue ini, sementara potongan ceri asam segar di dalamnya memberikan sentuhan menyegarkan yang tak terlupakan. Jadikanlah German Black Forest Cake sebagai pilihan istimewa kalian untuk menyemarakkan momen berbuka puasa bersama keluarga tercinta.

Dengan begitu banyak pilihan kue basah yang tersedia, memilih yang terbaik untuk berbuka puasa dapat menjadi tantangan. Namun, dengan mempertimbangkan faktor-faktor yang telah dibahas, kalian dapat dengan mudah menemukan kue yang cocok untuk menyemarakkan momen spesial ini bersama keluarga tercinta.

Tunggu apa lagi? Kalian bisa menikmati rekomendasi kue dari Ann’s Bakehouse & Creamery dengan mudah. Pesan hidangan berbuka yang berkesan dan lezat untuk kamu dan keluargamu di toko offline kami atau online di annsbakehouse.com.

Jadikanlah setiap hidangan kue sebagai penutup yang manis untuk puasa kalian, dan nikmatilah kehangatan dan kebersamaan yang tercipta di sekitar meja berbuka. Selamat berbuka puasa!

Editor: Patricia

Sabrina Putribening Indrarto

Sabrina Indrarto (Sasha) is a Social media & community manager with a knack for content writing and a severe tiramisu addiction

Post navigation

Leave feedback about this

  • Quality
  • Price
  • Service

PROS

+
Add Field

CONS

+
Add Field
Choose Image

5 Inspirasi Kue untuk Menemani Buka Puasa bersama Keluarga

5 Camilan Buka Puasa yang Lezat Untuk Menemani Kalian!

Ingin Nuansa Berbeda Saat Buka Puasa? Sajikan 6 Kue Kering Berikut Ini!

Menu Catering Buka Puasa yang Lezat dari Ann’s Coffee Break