Sejarah Kue Pie, Salah 1 Makanan Purbakala yang Bisa Kalian Coba!

Pasti diantara kalian sudah mengetahui apa itu kue pie. Namun penasaran nggak sih bagaimana asal usul dan sejarah kue pie sebenarnya? Yuk simak artikel berikut!

Sejarah kue pie yang membuat penasaran

Hai netizanns! Pasti kamu pernah dengar istilah ā€œpieā€ kan? Dengan lapisan luar yang renyah dan agak keras, bagian dalam yang lembut, rasa yang memiliki campuran antara manis dan gurih, berbagai hidangan pie pasti pernah kamu rasakan.Dihidangkan dalam keadaan dingin maupun panas, pie selalu enak! Tapi, apakah netizanns tahu bahwa pie sudah ada sejak zaman mesir kuno! Penasaran bagaimana sejarah kue pie sebenarnya?

Jenis-jenis Kue Pie

Pie juga terbagi jadi dua, pie manis dan pie gurih. Pie manis merupakan hidangan seperti Key Lime Pie, Apple Pie, dan lainnya. Sedangkan pie gurih merupakanĀ hidangan seperti Quiche. Ternyata makanan yang biasa kita santap ini sudah menjadi hidangan sejak sebelum tahun 2000 SM! Yuk, hari ini kita akan mempelajari tentang sejarah kue pie manis di dunia!

Sebagai hidangan yang dipanggang dengan adonan kue yang bisa berisi berbagai bahan dengan rasa manis, pie dengan buah, kacang-kacangan, dan bahkan sayuran seperti wortel! Pie manis memiliki berbagai ukuran lho, mulai dari ukuran sebesar kue nastar yang kamu makan setiap lebaran hingga yang memang dibuat untuk beberapa orang sekaligus. Pie manis terbesar yang tercatat di dunia memiliki diameter 6 meter! Kira-kira butuh berapa orang ya untuk menghabiskan itu semua?

Sejarah Kue Pie

Di zaman purbakala, kebutuhan akan makanan yang bergizi, mudah disimpan, mudah dibawa, dan tahan lama dalam perjalanan panjang, membuat orang kebingungan. Dulu biasanya orang-orang yang bepergian menggunakan kapal membawa tukang daging atau koki dalam perjalanan mereka. Tetapi ini membuat masalah lain jika mereka bepergian menggunakan kuda atau kapal yang kecil.

Karena itu, orang-orang mesir di zaman Neolitikum, atau zaman Batu Muda, menciptakan pie manis. Di awal zaman itu, pie manis merupakan semacam kue kering berbentuk pipih, bundar, yang terdiri dari kulit gandum dan di dalamnya mengandung madu. Bentuk pie manis seperti ini akhirnya berkembang menjadi bentuk kue manis atau makanan penutup. Resep untuk pie baik manis dan gurih seperti ini bisa ditemukan di dinding makam Firaun Ramses II, Firaun dari mesir dari tahun 1304 hingga 1237 SM, di Lembah Para Raja.

Maju sekitar 2000 tahun setelahnya, di era Abad Pertengahan, pie gurih telah berevolusi menjadi berisi daging gurih yang dibuat dengan daging sapi, domba, bebek, atau merpati yang kemudian diberikan lada, kismis atau kurma.

Pertama kali nama ā€œpieā€ dalam sumber tertulis adalah pada abad ke-14 di Oxford English Dictionary. Kemudian di abad ke-15, pie, baik yang manis dan yang gurih, sudah lebih merajalela dan memiliki isi seperti daging burung penyanyi, karena burung penyanyi pada waktu itu adalah merupakan sebuah makanan yang mahal dan dilindungi oleh Hukum Kerajaan. Sebenarnya di saat itu, kerajaan Inggris di Abad Pertengahan memiliki bentuk awal pie manis, tetapi mereka tidak disebut pie, melainkan kue tar. Dan di masa itu pie buah dibuat tanpa pemanis, karena gula merupakan simbol kemakmuran yang langka dan mahal.

Sampai akhirnya hidangan ini tiba di Amerika Serikat. Bicara soal itu, kamu juga bisa membaca tentang sampainya apple pie di Amerika di sini! Dan dari Amerika Serikat-lah hidangan pie manis ini menjadi terkenal dan dibawa ke seluruh dunia hingga ke Indonesia! Kamu bisa menikmati pie-pie lezat buatan Annā€™s Bakehouse and Creamery dengan mudah! 

Kalian bisa langsung memesan pie manis kesukaanmu melalui websiteĀ annsbakehouse.com, bisa juga menghubungi melaluiĀ WhatsApp Customer Service, atau kalian bisa langsung datang keĀ toko offline Annā€™s Bakehouse & Creamery. Jangan lupa juga untuk follow akun instagramĀ @annsbakehouseĀ untuk informasi terupdate seputar kue dan penawaran menarik lainnya, ya!

Editor: Patricia Christina

Post navigation

Leave feedback about this

  • Quality
  • Price
  • Service

PROS

+
Add Field

CONS

+
Add Field
Choose Image