Educative Our Product

Dari 7 Tipe Sponge Cake Ini, Mana Yang Jadi Favoritmu?

Tahukah kalian bahwa ada beberapa tipe sponge cake di dunia ini?

tipe sponge cake

Tahukah kalian bahwa ada beberapa tipe sponge cake di dunia ini? Sponge cake adalah kue yang sangat ringan. Ketika kalian menekan Sponge Cake ini, pasti ia akan kembali ke bentuk semula. Inilah salah satu keistimewaan (selain rasa yang lezat juga) dari kue Chocolate Salted Caramel Fudge, sponge cake milik Ann’s Bakehouse & Creamery.

Bahan dasarnya pun sebenarnya cukup sederhana, dengan telur, tepung, gula, dan baking powder. Dengan itu, kami di Ann’s Bakehouse & Creamery senang sekali bereksperimen dengan Sponge Cake ini untuk membawakan kamu sebuah rasa yang benar-benar baru dan istimewa!

Asal Mula Sponge Cake

Pertama kali ditemukan di buku yang ditulis oleh Gervase markham di tahun 1615, Sponge Cake ini dulunya berbentuk seperti kue kering, tipis dan renyah. Bagaimana kok bisa menjadi kue yang ringan dan lembut di mulut ini? Di pertengahan abad ke-18, kue ini dibuat dengan telur yang dikocok untuk membuat kue mengembang. Di tahun 1843, hampir satu abad setelahnya, penemuan baking powder membuat Sponge Cake ini bisa mengembang lebih tinggi lagi dari sebelumnya.

Karena pembuatannya cukup rumit, kue ini sempat menjadi kue mewah di Amerika pada tahun 1920-1930an. Selain itu, sejak Sponge Cake menjadi terkenal, ada cukup banyak tipe-tipe kue yang ada di dunia sekarang. Apa saja sih? Ayo kita lihat!

Sponge Cake di Asia

Sponge Cake yang dikukus, seperti kue ma lai gao dapat kamu temukan di Malaysia. Sponge Cake dengan kacang almond biasanya dikukus kemudian ditambahkan lapisan gula, coklat, atau buah-buahan.

Saeng atau Sponge Cake ala Korea, biasanya dibuat dari tepung beras dan ditambahkan buah-buahan.

Sponge Cake ala Vietnam biasanya menambahkan daun-daunan segar seperti mint, serai, atau kemangi. Mereka juga menambahkan buah-buahan yang dicelupkan ke dalam karamel sebagai toppingnya.

Di India, gula merah dan susu ditambahkan dengan alpukat dari Sri Lanka untuk membuat Sponge Cake yang spesial.

Angel Food Cake

Di Amerika pada abad ke-19, Sponge Cake dibuat tanpa kuning telur ataupun mentega. Jadi agar bisa mengembang, kue ini bergantung pada putih telur dan baking powder. Sebenarnya resep Angel Food Cake ini dapat ditemukan sejak abad ke-18 lho!

Chiffon Cake

Kue yang sangat ringan dan lembut ini mengandung minyak sayur sebagai pembeda. Mirip dengan Angel Food Cake, biasanya Chiffon Cake ini disajikan dengan jeruk bali. Hidangan ini cukup terkenal di tahun 1930 di daerah Hollywood, Amerika Serikat.

Boston Cream Pie

Hidangan resmi negara bagian Massachusetts, Boston Cream Pie adalah Sponge Cake berlapis yang dilumuri oleh coklat dan diisi dengan krim. Resep ini ditemukan pertama kali muncul sekitar tahun 1878 dan merupakan turunan dari Chocolate Cream Pie.

Tipsy Cake

Ada juga tipe Sponge Cake yang bernama Tipsy Cake! Diciptakan oleh Isabella Beeton, kue ini sengaja dibuat lalu dicelupkan ke dalam minuman beralkohol seperti Sherry dan Brandy dan kemudian dilumuri dengan Custard, atau dipotong kecil-kecil dan disajikan dengan whipped cream.

Trifle

Kue ini memiliki beberapa versi, yang awalnya merupakan krim dengan air mawar, gula, dan jahe yang dilumuri di Sponge Cake. Jeli kemudian ditambahkan ke kue ini sebagai rasa tambahan. Dari sini, Sponge Cake juga dibiarkan di dalam jus buah-buahan, minuman anggur beralkohol, dan Sherry. Beda kue Trifle dengan yang lain berasal dari awalan kue ini dibuat.

Victoria Sponge

Dikenal juga dengan nama Victoria Sandwich Cake, yang dinamakan atas ratu Victoria dari Inggris karena ia menyukai Sponge Cake dengan teh yang biasa ia minum di sore hari. Sponge Cake tipe ini berasal dari Pound Cake. Bedanya dengan Pound Cake ini adalah ia tidak dicampur dengan topping buah-buahan, melainkan adanya fokus terhadap kue yang ringan dan berwarna lebih kecoklatan.

Semoga kalian menjadi tau ya beberapa tipe sponge cake yang ada di dunia ini. Jika kamu ingin mencoba Sponge Cake ala Ann’s, kamu bisa mencoba Chocolate Salted Caramel Fudge! Kue yang berlapis ini dipastikan akan memberikan citarasa yang penuh dengan kue yang halus dan empuk. Dipadukan dengan fudge dark chocolate yang akan menemani lidahmu dengan rasa coklat yang spektakuler, juga dengan whipped cream sebagai pelengkap serta salted caramel glaze yang memberikan rasa manis-asin yang tak ada duanya.

Dengan banyaknya jumlah Sponge Cake yang ada, jangan lupa juga bahwa kamu bisa mendapatkan kue custom di Ann’s Bakehouse & Creamery melalui website, datang ke toko offline atau beli cake ini melalui team Customer Service kami! Tentunya dengan cake delivery, kamu bisa mendapatkan kuemu dimanapun dan kapanpun kamu mau. Chocolate Salted Caramel Fudge ini cocok sebagai kue ulang tahun dan acara apapun yang sedang kamu adakan!

Jangan lupa juga bahwa sebaiknya kue-kue ini langsung kamu masukkan ke dalam kulkas ketika kamu terima. Chocolate Salted Caramel Fudge ini akan tahan di kulkas selama 5-6 hari! Jadi jangan terlalu lama menunggu untuk menyantapnya yah!

Editor: Patricia Christina

Baca Juga: Ide 12 Kue Ulang Tahun Berdasarkan Zodiak yang Unik

Leave feedback about this

  • Quality
  • Price
  • Service

PROS

+
Add Field

CONS

+
Add Field
Choose Image
Choose Video
Chat Now
Halo, terima kasih telah berkunjung ke website Ann's Bakehouse & Creamery. Ada yang bisa kami bantu untuk pemesanan?