Educative Lifestyle

Macam Macam Jenis Diet yang Dianjurkan oleh Expert 2023

macam macam jenis diet

Tentunya sudah tidak heran jika berat badan menjadi suatu hal yang penting bagi seseorang. Salah satu cara untuk menjaga berat badan yang banyak dilakukan adalah Diet. Diet pastinya dilakukan dengan mengatur gaya hidup juga pola makan yang teratur. Yuk simak artikel ini mengenai macam macam jenis diet yang dianjurkan oleh Expert untuk tahun 2023.

Pengertian Diet

Diet biasanya identik pada makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh seseorang. Hal ini biasanya merujuk pada pola makan dan jenis makanan, juga nutrisi tertentu yang dikonsumsi. Pola makan pastinya memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan, mengatur berat badan, dan mencegah atau menangani penyakit tertentu. Pola makan yang berbeda dapat memiliki tujuan yang berbeda pula, misalnya menurunkan berat badan, meningkatkan performa tubuh, atau mengatasi kondisi medis. Maka dari itu penting untuk berkonsultasi dengan ahli kesehatan atau ahli diet untuk menentukan diet yang paling tepat.

Bagi kalian Netizanns kaum millennial maupun kaum Gen Z, menjalankan diet pas terasa berat. Yuk simak tips dietnya agar lebih bersemangat.

Macam Macam Jenis Diet yang Dianjurkan Oleh Expert

Saat ini sudah banyak sekali macam macam jenis diet yang bisa disesuaikan dengan tubuh atau kebutuhan masing-masing orang. Karena diet yang bagus itu tidak hanya menurunkan berat badan tetapi pastinya juga menyehatkan tubuh. Berikut beberapa macam jenis diet yang dianjurkan oleh expert yang bisa dicoba:

1. Diet Mediteranian

Diet Mediteranian adalah Diet Mediterania adalah pola makan yang terinspirasi oleh pola makan tradisional negara-negara di sekitar Laut Tengah, seperti Italia, Yunani, Spanyol, dan Prancis. Diet ini dikenal sebagai salah satu diet terbaik untuk kesehatan jantung. 

Prinsip utama dari Mediterania diet adalah konsumsi makanan yang kaya akan lemak sehat, seperti minyak zaitun, kacang-kacangan, biji-bijian, dan ikan berlemak seperti salmon. Diet ini juga menekankan pada konsumsi buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian utuh yang kaya serat, vitamin, dan mineral.

2. DASH Diet

Diet DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) adalah salah satu program diet yang telah terbukti efektif dalam menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Namun, tak hanya berfokus pada masalah kesehatan jantung, diet ini juga tidak jarang dipilih oleh mereka yang ingin menurunkan berat badan, meningkatkan kadar energi, dan memperbaiki kebugaran secara keseluruhan. DASH diet melibatkan konsumsi makanan yang kaya akan serat, seperti biji-bijian, buah-buahan, sayuran, dan produk susu rendah lemak. 

Diet ini juga mencakup protein nabati, seperti kacang-kacangan dan biji-bijian, serta protein hewani yang rendah lemak, seperti ikan dan ayam. DASH diet juga mengharuskan mengurangi konsumsi makanan yang tinggi lemak jenuh, kolesterol, dan garam.

3. Flexitarian Diet

Diet fleksitarian adalah diet yang dilakukan dengan cara dengan membatasi konsumsi daging. Secara umum, fleksitarian memiliki pola makan yang didominasi oleh makanan nabati, seperti biji-bijian, sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Seseorang yang melakukan diet ini juga bisa mengkonsumsi daging, ikan, dan produk hewani lainnya tetapi dalam jumlah yang lebih kecil dan kurun waktu yang jarang. 

Tujuan diet fleksitarian biasanya adalah meningkatkan kesehatan dan mengurangi dampak lingkungan dengan mengurangi konsumsi produk hewani. Beberapa manfaat yang dikaitkan dengan diet fleksitarian termasuk penurunan risiko penyakit jantung, peningkatan kesehatan pencernaan, dan penurunan bobot badan. 

4. WW (Weight Watchers)

Diet Weight Watchers adalah program diet yang fokus pada pengelolaan berat badan dan pola makan sehat. Program ini didasarkan pada sistem poin, di mana setiap makanan dan minuman diberi bobot poin berdasarkan kandungan kalori, lemak dan seratnya. Setiap individu memiliki poin harian yang dapat mereka konsumsi, dan mereka bertanggung jawab untuk memilih makanan yang sesuai dengan jumlah poin yang mereka miliki.

Tujuan dari program Diet Weight Watchers adalah untuk membantu orang mengurangi berat badan secara berkelanjutan dengan cara yang sehat dan terkendali.

5. MIND Diet

MIND Diet adalah singkatan dari “Mediterranean-DASH Diet Intervention for Neurodegenerative Delay”, yang dikembangkan dengan tujuan untuk mencegah atau menunda perkembangan penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan Demensia, juga dalam upaya melindungi kesehatan otak.

Diet ini fokus pada asupan makanan yang bergizi tinggi, terutama makanan-makanan yang telah terbukti memiliki manfaat kesehatan otak. Beberapa makanan yang disarankan dalam MIND Diet antara lain adalah sayuran hijau, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, ayam/turkey, serta minyak zaitun.

6. Vegetarian Diet

Vegetarian diet merupakan jenis diet yang menghindari konsumsi daging, seperti unggas, ikan, seafood, dan daging merah. Orang yang mengikuti vegetarian diet biasanya mengonsumsi makanan berbasis tumbuhan seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan dan produk kedelai seperti tahu dan tempe sebagai sumber protein.

Ada beberapa jenis vegetarian diet yang populer, di antaranya:

1. Ovo-vegetarian: Menghindari konsumsi daging dan produk susu, tetapi masih mengkonsumsi telur.

2. Lacto-vegetarian: Menghindari konsumsi daging dan telur, tetapi masih mengkonsumsi produk susu.

3. Ovo-lacto vegetarian: Menghindari konsumsi daging, tetapi masih mengkonsumsi telur dan produk susu. Jenis vegetarian ini adalah yang paling umum.

4. Vegan: Menghindari konsumsi semua produk hewan, termasuk daging, telur, susu, dan semua produk yang berasal dari hewan.

Penting untuk diingat bahwa diet tidak hanya berfungsi untuk mengurangi berat badan, tetapi juga berperan dalam menjaga kesehatan, mengatur berat badan, serta mencegah atau mengatasi berbagai kondisi medis. Setiap orang dapat memilih diet yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuannya.

Konsultasikan terlebih dahulu dengan ahli kesehatan atau ahli diet adalah langkah yang bijak untuk menentukan jenis diet yang paling tepat bagi kalian. Dengan mengikuti diet yang sesuai, kalian dapat mencapai tujuan kesehatan dan kebugaran dengan cara yang sehat dan terkendali.

Ann’s Bakehouse & Creamery juga memiliki koleksi kue yang cocok untuk diet kalian, yaitu Super Creations. Yuk cek dan beli sekarang di website Ann’s Bakehouse & Creamery ataupun datang langsung ke toko offline kami.

kue sehat super creations ann's bakehouse & creamery
Super Creations, koleksi kue sehat dari Toko Kue Ann’s Bakehouse & Creamery

Editor: Patricia Christina

administrator
Cindy Aldita adalah seorang Content Writer yang juga merupakan seorang penikmat kuliner, khususnya dessert.

Leave feedback about this

  • Quality
  • Price
  • Service

PROS

+
Add Field

CONS

+
Add Field
Choose Image
Choose Video
Chat Now
Halo, terima kasih telah berkunjung ke website Ann's Bakehouse & Creamery. Ada yang bisa kami bantu untuk pemesanan?